Tingkat Resiliensi Dalam Membimbing Anak Berkebutuhan Khusus di Yayasan Al-Achsaniyyah Dan Darul Fathonah kudus

Busro, Ahmad Jihan Miftakhul (2023) Tingkat Resiliensi Dalam Membimbing Anak Berkebutuhan Khusus di Yayasan Al-Achsaniyyah Dan Darul Fathonah kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (355kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (459kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (595kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (726kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (389kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (524kB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (247kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (475kB)

Abstract

Anak berkebutuhan khusus (ABK) merupakan anak yang memiliki kelainan atau penyimpangan dari kondisi rata-rata anak normal umumnya dalam hal fisik, mental, maupun karakteristik perilaku sosialnya. Permasalahan yang begitu kompleks yang dialami oleh pembimbing dalam membimbing anak berkebutuhan khusus (ABK) ialah masalhan yang melibatkan mental dan psikis sehingga bisa mengakibatkan penyakit fisiologis. Resiliensi mampu memotivasi pembimbing guna mengatasi masalah yang dialami saat membimbing anak berkebutuhan khusus (ABK). Untuk itu perlu pemahaman tentang resiliensi dalam membimbing anak berkebutuhan khusus (ABK). Riset ini ialah penelitian lapangan yang dilakukan guna mengetahui karakteristik dan tingkat resiliensi di Yayasan Al-Achsaniyyah Dan Darul Fathonah dalam membimbing anak berkebutuhan khusus (ABK). Ragam penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Melalui metode riset kuantitatif komparatif. Setting kajian ini yaitu di Yayasan Al-Achsaniyyah Dan Darul Fathonah. Populasi pada kajian ini ialah pembimbing anak berkebutuhan khusus (ABK). Sampel pada penelitian ini diambil 18 pembimbing ABK di Al-Achsaniyyah dan 18 pembimbing ABK di Darul Fathonah. Desain variabel pada riset ini ialah variabel bebas: pembimbing ABK, dan variabel tergantung: resiliensi. Pada kajian ini memakai pengujian validitas dan realibilitas. Metode penghimpunan data memakai metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T-Test Hasil kajian ini menunjukan: 1 karakteristik resiliensi dalam membimbing anak berkebutuhan khusus (ABK) Diyayasan Al-Achsaniyyah Dan Darul Fathonah cukup baik yaitu bisa menyikapi pekerjaannya sebagai pembimbing anak berkebutuhan khusus (ABK) dengan upaya-upaya mereka lakukan yang mencakup determination, endurance, adaptability, recuperability. 2. Dalam hitungan hipotesis bahwa H0 (hipotesis awal) ditolak yang artinya terdapat perbedaan resiliensi dalam membimbing anak berkebutuhan khusus (ABK) diantara Al-Achsaniyyah dan Darul Fathonah. Hasil analisis uji one sample t-test menjelaskan kedua subjek mempunyai ketidakserupaan yang signifikan. Nilai signifikasi mean empiris Pembimbing Al-Achsaniyyah 0,648 dan nilai signifikasi mean empiris Pembimbing Darul Fathonah 0,000. Tingkat resiliensi dalam membimbing anak berkebutuhan khusus (ABK) baik dari aspek determination (kebulatan tekad), endurance (daya tahan), adaptability (penyesuaian diri), Recuperability (penyembuhan).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmawati, Heny KristianaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: resiliensi, anak berkebutuhan khusus, pembimbing
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Nov 2024 02:36
Last Modified: 28 Nov 2024 02:36
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12752

Actions (login required)

View Item View Item