Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Journaling dan Refleksi Dzikir Asmaul Husna untuk Meningkatkan Self-Esteem Siswa di MA NU Nurussalam Kudus

Istiaroh, Ely Anggita (2024) Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Journaling dan Refleksi Dzikir Asmaul Husna untuk Meningkatkan Self-Esteem Siswa di MA NU Nurussalam Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (474kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (620kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (888kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (981kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (375kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (606kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) efektivitas konseling kelompok teknik journaling untuk meningkatkan self-esteem siswa di MA NU Nurussalam Kudus, 2) efektivitas konseling kelompok dengan refleksi dzikir Asmaul Husna untuk meningkatkan self-esteem siswa di MA NU Nurussalam Kudus, 3) efektivitas konseling kelompok dengan teknik journaling dan refleksi dzikir Asmaul Husna untuk meningkatkan self-esteem siswa di MA NU Nurussalam Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian one group pretest-postest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa XI MA NU Nurussalam Kudus dengan populasi sebanyak 41 orang dan diambil sampel penelitian dengan jumlah 12 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan adopsi dari pengembangan instrument Coopersmith Self-esteem Inventory (CSEI) dan intrumen keberhasilan teknik journaling dan refleksi dzikir Asmaul Husna di dalam meningkatkan self-esteem. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan garis regresi sebesar Y = 15,909 + 0,797 X₁ + 0,498 X₂. Kesimpulan yang dapat diambil adalah : 1) Teknik journaling efektif untuk meningkatkan self-esteem siswa dapat diterima. Hal tersebut berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda dalam uji t diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,786 > 2,262 dan nilai Sig. 0,001 < 0,05. 2) Refleksi dzikir Asmaul Husna efektif untuk meningkatkan self-esteem siswa dapat diterima. 3) Konseling kelompok dengan teknik journaling dan refleksi dzikir Asmaul Husna sama-sama efektif untuk meningkatkan self-esteem siswa dapat diterima. Hasil uji koefisien determinasi (R²) diperoleh sebesar 0,747 menunjukkan bahwa besarnya efektivitas konseling kelompok dengan teknik journaling dan refleksi dzikir Asmaul Husna dalam meningkatkan self-esteem secara bersama-sama adalah sebesar 74,7%, sedangkan 25,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Selanjutnya, dari hasil analisis sumbangan efektif (SE) dan sumbangan relatif (SR) teknik journaling (SE; 55,7% dan SR; 0,75%) dan (SE; 19% dan SR; 0,25%) refleksi dzikir Asmaul Husna. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik journaling dan refleksi dzikir Asmaul Husna terbukti sama-sama efektif dalam meningkatkan self-esteem siswa di MA NU Nurussalam Kudus. Selain itu, jika membandingkan keefektifan dari kedua teknik maka teknik journaling lebih baik dalam meningkatkan self-esteem siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAzmi, Khilman Rofi'UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Teknik Journaling, Refleksi Dzikir Asmaul Husna, Self-Eteem
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Dec 2024 07:26
Last Modified: 10 Dec 2024 07:26
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12854

Actions (login required)

View Item View Item