Keaktifan Dan Minat Belajar Siswa Kelas VII Melalui Penggunaan Media Flipchart Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup

IskadwiningtyasWA, IskadwiningtyasWA (2024) Keaktifan Dan Minat Belajar Siswa Kelas VII Melalui Penggunaan Media Flipchart Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (870kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (413kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (297kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (398kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (625kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (699kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (685kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (355kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (353kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) mengetahui pengaruh media flipchart terhadap keaktifan dan minat belajar siswa materi Klasifikasi Makhluk Hidup, (2) mengetahui tingkat keaktifan dan minat belajar siswa melalui penerapan flipchart dalam materi Klasifikasi Makhluk Hidup, (3) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran flipchart materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pre-Eksprerimental dengan design penelitian one group pretest-posttest. Peneliti menggunakan instrument berupa angket keaktifan belajar, angket minat belajar, dan angket repon siswa yang telah divalidasi oleh ahli, serta diujicobakan kepada siswa. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang didapatkan dari penggunaan media flipchart dengan menggunakan uji paired sampel t-Test terhadap sesudah dan sebelum pembelajaran dengan hasil yang diperoleh, yaitu Signifikan< thitung yaitu untuk keaktifan diperoleh nilai Sig (2-sided) sebesar <0.001 < 0.05. Sedangkan untuk minat diperoleh nilai Sig (2-sided ) sebesar < 0.001 < 0.05, maka dapat dinyatakan hipotesis kerja (Ha) diterima, sedangkan (Ho) ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media flipchart terhadap keaktifan dan minat. Dengan rata-rata pretest keaktifan 71,50 dan posttest keaktifan 84,6, sedangkan pretest minat 74,07 dan posttest minat 85,50. Tingkat keaktifan dan minat siswa melalui penerapan flipchart dalam materi Klasifikasi Makhluk Hidup mengalami peningkatan dengan hasil yang didapatkan sebesar 13,17 untuk keaktifan dan untuk minat sebesar 11,43. Respon siswa terhadap media flipchart materi Klasifikasi Makhluk Hidup menunjukkan bahwa mayoritas respon siswa yang paling banyak memilih kategori “setuju” hal ini menunjukan bahwa siswa memiliki ketertarikan belajar dengan menggunakan media flipchart. Hasil ini dapat diartikan sebagai bukti bahwa penggunaan media flipchart memiliki pengaruh efektif dalam menarik perhatian siswa untuk lebih aktif dan meningkatkan daya tarik pembelajaran IPA materi Klasifikasi Makhluk Hidup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLaelasari, IseuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Belajar, Minat Belajar, Media Flipchart, Klasifikasi Makhluk Hidup
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Dec 2024 01:47
Last Modified: 30 Dec 2024 01:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13048

Actions (login required)

View Item View Item