Sakinah, Nurul Fitri (2024) Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Lalu Lintas Remaja (studi kasus di Mts Darul Ulum Purwogondo) Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (830kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (325kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (271kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (383kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (507kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (422kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (598kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (303kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (348kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan lalu lintas remaja di Mts. Darul Ulum Purwogondo. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan lalu lintas remaja di Mts. Darul Ulum Purwogondo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field reseach), dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini yaitu guru bimbingan dan konseling, wali kelas dan peserta didik yang mempunyai perilaku kurang disiplin. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder Adapun sumber data yaitu guru bimbingan dan konseling, wali kelas dan peserta didik yang mempunyai perilaku kurang disiplin. Sumber data sekunder yaitu dokumen, data dan referensi. Pengujian keabsahan data yang digunakan yaitu perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi sumber, triangulasi teknik. Triangulasi waktu. Hasil penelitian ini yaitu, 1) peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan lalu lintas remaja di Mts. Darul Ulum purwogondo dilaksanakan dengan sesuai prosedur. Adanya penerapan program bimbingan klasikal oleh guru bimbingan dan konseling dalam seminggu sekali. 2) faktor pendukung dan penghambat peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan lalu lintas remaja di Mts. Darul Ulum Purwogondo yaitu faktor pendukung yaitu dukungan dari kepala sekolah, kerja sama antar guru baik, adanya program bimbingan klasikal, sedangkan faktor penghambat yaitu jarak rumah peserta didik jauh dari sekolah, pola fikir, dan kurangnya motivasi dalam mematuhi tata tertib
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dan Perilaku Kurang Disiplin | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:41 | ||||||
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:41 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13162 |
Actions (login required)
View Item |