Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Lalu Lintas Remaja (studi kasus di Mts Darul Ulum Purwogondo) Tahun Ajaran 2022/2023

Sakinah, Nurul Fitri (2024) Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Lalu Lintas Remaja (studi kasus di Mts Darul Ulum Purwogondo) Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (830kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (325kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (383kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (507kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (422kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (598kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (303kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (348kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan lalu lintas remaja di Mts. Darul Ulum Purwogondo. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan lalu lintas remaja di Mts. Darul Ulum Purwogondo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field reseach), dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini yaitu guru bimbingan dan konseling, wali kelas dan peserta didik yang mempunyai perilaku kurang disiplin. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder Adapun sumber data yaitu guru bimbingan dan konseling, wali kelas dan peserta didik yang mempunyai perilaku kurang disiplin. Sumber data sekunder yaitu dokumen, data dan referensi. Pengujian keabsahan data yang digunakan yaitu perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi sumber, triangulasi teknik. Triangulasi waktu. Hasil penelitian ini yaitu, 1) peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan lalu lintas remaja di Mts. Darul Ulum purwogondo dilaksanakan dengan sesuai prosedur. Adanya penerapan program bimbingan klasikal oleh guru bimbingan dan konseling dalam seminggu sekali. 2) faktor pendukung dan penghambat peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan lalu lintas remaja di Mts. Darul Ulum Purwogondo yaitu faktor pendukung yaitu dukungan dari kepala sekolah, kerja sama antar guru baik, adanya program bimbingan klasikal, sedangkan faktor penghambat yaitu jarak rumah peserta didik jauh dari sekolah, pola fikir, dan kurangnya motivasi dalam mematuhi tata tertib

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGhufron, M. NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dan Perilaku Kurang Disiplin
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:41
Last Modified: 09 Jan 2025 04:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13162

Actions (login required)

View Item View Item