Strategi Komunikasi Humas Balai Taman Nasional Karimunjawa dalam Membentuk Citra Ecotourism

Khasanah, Atik (2023) Strategi Komunikasi Humas Balai Taman Nasional Karimunjawa dalam Membentuk Citra Ecotourism. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (551kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (138kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (187kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (469kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (240kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (536kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (69kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (274kB)

Abstract

Kawasan Citra ecotourism merupakan kawasan yang dimana kegiatan pariwisatanya menaruh perhatian yang besar terhadap kelestariaan sumber daya pariwisata, salah satunya adalah ecotourism pada Taman Nasional Karimunjawa. Dalam membentuk citra ecotorism di Taman Nasional Karimunjawa perlu adanya strategi komunikasi humas yang dapat meningkatkan value objek wisata berkesinambungan yang efektif dalam mengembangkan potensi-potensi pariwisata di Pulau Karimunjawa. Taman Nasional Karimunjawa menarik diteliti karena potensi pariwisatanya sudah dikenal dikalangan wistawan domestic maupun mancanegara sehingga memerlukan pengelolaan yang berbasis ecotourism sebagai bentuk pariwisata berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi humas dan faktor pendorong serta penghambat dalam membangun citra ecotourism pada Taman Nasional Karimunjawa. Kemudian metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini mendiskripsikan secara jelas, tepat, sistematis, faktual dan akurat. Nerdasarkan fakta yang didaptkan dari lapangan sehingga dapat dipahami orang yang tidak mengalaminya secara langsung. Sedangkan teknik penulisan mengunakan teknik analisis deskriptif yang memberikan gambaran terhadap subjek dan bjek penilitian. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa humas Taman Nasional karimunjawa dalam membangun citra ecotourism menggunakan beberapa strategi. Strategi tersebut diantaranya ada komponen sasaran dan komponen sarana. Komponen sasaran meliputi stakeholders dan public sedangkan komponen sarana meliputi conservation, change dan crystallization.Untuk implementasi humas dalam membangun citra ecotorism Karimunjawa melalui community relation dan media relation.Adapun factor pendukungnya adalah dukungan kebijakan dari stakeholder dan dukungan sarana prasarana, sedangkan factor penghambat kualitas SDM kepala urusan kehumasan Taman Nasional Karimunjawa tidak memiliki kemampuanyang baik dalam bidangnya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMubasyaroh, MubasyarohUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Humas, Citra Ecotourism, Taman Nasional Karimunjawa
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Perdagangan, Komunikasi, Transportasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Jan 2025 03:47
Last Modified: 16 Jan 2025 03:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13247

Actions (login required)

View Item View Item