Pemanfaatan Permainan Tradisional Cublak-Cublak Suweng untuk Emosi Anak di RA Suryawiyyah Tahun Ajaran 2022/2023

Khofifah, Nurul (2023) Pemanfaatan Permainan Tradisional Cublak-Cublak Suweng untuk Emosi Anak di RA Suryawiyyah Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (75kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (93kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (225kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (94kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (321kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)

Abstract

Permainan tradisional cublak-cublak suweng ialah permainan tradisional yang asal usulnya dari dari Jawa Tengah, permainan ini dimainkan oleh 3 anak atau lebih dari 3 orang. Metode pembalajaran ini digunakan untuk memanfaatkan permainan tradisional cublak-cublak seuweng untuk mengembangkan emosionl pada anak. Dalam penelitian ini berjuan untuk mengaji proses pemanfaatan pembelajaran permainan tradisional cublak-cublak seuweng dalam mengembang emosi anak, kemudian mengkaji faktor yang menghambat dalam penelitian dan faktor pendukung dalam pembelajaran menggunkan permainan tradisional cublak-cublak seuweng. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis etnografi atau penelitian lapangan, yang memiliki tujuan untuk memberikan sebuah gambaran secara rinci mengenai kejadian untuk memberitahu mengenai gejala yang sedang terjadi. Subjek penelitian ini adalah siswa dari RA Suryawiyyah kelompok A2 berjumlah 17 anak dan pengambilan data diambil dari data primer yaitu wawancara guru kelas, rekan guru, dan kepala sekolah, sedangkan data sekunder didapatkan dari observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian peneliti mendapat data permainan tradisional dilaksanakan pada hari senin atau hari rabu, dalam proses pelaksanakan hal yang perlu dilakukan adalah perencanaan. Perencanaan pembelajaran dilakukan sehari sebelum pembelajaran dimulai yaitu dengan membuat RPPH, kemudian pelaksanaan. Pelaksanaan dilakukan sesuai dengan isi RPPH. Evaluasi dilksanakan ketika pembelajaran dan setelah pembelajaran. permainan tradisional cublak-cublak seuweng menggunkan permainan modifikasi yaitu dengan memberikan pertanyaan mengenai tema yang dibahas, dalam pengembangan emosi anak ini didapatkan ketika anak bermain dengan temannya, anak mengenal rasa senang, gembira, marah, cemburu, dan melatih kesabaran anak dalam permainan ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPancaningrum, NovitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Cublak-Cublak Suweng, Anak Usia Dini, Emosional
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Taman Kanak-Kanak/TK
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Jan 2025 03:41
Last Modified: 20 Jan 2025 03:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13289

Actions (login required)

View Item View Item