Pengaruh Video Pembelajaran IPA Pada Materi Suhu dan Perubahannya terhadap Motivasi dan Pemahaman Konsep untuk Peserta Didik Kelas VII

Melati, Ririn (2023) Pengaruh Video Pembelajaran IPA Pada Materi Suhu dan Perubahannya terhadap Motivasi dan Pemahaman Konsep untuk Peserta Didik Kelas VII. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (360kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (498kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (715kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (827kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (410kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (271kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berupa video pada peserta didik terhadap motivasi dan pemahaman konsep untuk pembelajaran IPA materi Suhu dan Perubahannya serta mengetahui hubungan antara motivasi dan pemahaman konsep IPA pada peserta didik di MTS tersebut. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian adalah kelas VII A dan VII B di MTs Margoyoso yang berjumlah 40 peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes, angket observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis instrumen , analisis statistik deskriptif, dan analisis statistic inferensial. Analisis instrument meliputi uji validitas, uji reliabilitas. Adapun analisis statistik deskripstif meliputi mean dan n-gain dan analisis statistik inferensial menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan pada kelas kontrol dan eksperimen, keduanya mempunyai nilai < 0,05 yang berarti hipotesis diterima atau dengan kata lain terdapat pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan pemahaman konsep peserta didik. sedangkan pada nilai t : diketahui t hitung sebesar 0,403 < t tabel 2,086 bahwa variabel Motivasi (X) tidak memiliki hubungan terhadap variabel Pemahaman Konsep (Y). Hasil analisis dari korelasi ganda ini menunjukkan hubungan antara variabel motivasi belajar dengan pemahaman konsep peserta didik berlawanan, yang artinya setiap skor peningkatan pemahaman konsep tidak disertai dengan kenaikan motivasi belajar walaupun tidak terlihat secara langsung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFawaida, UlyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, video, motivasi dan pemahaman konsep
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Jan 2025 08:05
Last Modified: 20 Jan 2025 08:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13304

Actions (login required)

View Item View Item