Melati, Ririn (2023) Pengaruh Video Pembelajaran IPA Pada Materi Suhu dan Perubahannya terhadap Motivasi dan Pemahaman Konsep untuk Peserta Didik Kelas VII. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. cover-kata pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (266kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (360kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (498kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (715kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (827kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (410kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (271kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (413kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berupa video pada peserta didik terhadap motivasi dan pemahaman konsep untuk pembelajaran IPA materi Suhu dan Perubahannya serta mengetahui hubungan antara motivasi dan pemahaman konsep IPA pada peserta didik di MTS tersebut. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian adalah kelas VII A dan VII B di MTs Margoyoso yang berjumlah 40 peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes, angket observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis instrumen , analisis statistik deskriptif, dan analisis statistic inferensial. Analisis instrument meliputi uji validitas, uji reliabilitas. Adapun analisis statistik deskripstif meliputi mean dan n-gain dan analisis statistik inferensial menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan pada kelas kontrol dan eksperimen, keduanya mempunyai nilai < 0,05 yang berarti hipotesis diterima atau dengan kata lain terdapat pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan pemahaman konsep peserta didik. sedangkan pada nilai t : diketahui t hitung sebesar 0,403 < t tabel 2,086 bahwa variabel Motivasi (X) tidak memiliki hubungan terhadap variabel Pemahaman Konsep (Y). Hasil analisis dari korelasi ganda ini menunjukkan hubungan antara variabel motivasi belajar dengan pemahaman konsep peserta didik berlawanan, yang artinya setiap skor peningkatan pemahaman konsep tidak disertai dengan kenaikan motivasi belajar walaupun tidak terlihat secara langsung
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, video, motivasi dan pemahaman konsep | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2025 08:05 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2025 08:05 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13304 |
Actions (login required)
View Item |