Efektivitas Konseling Kelompok Behavioral dengan Teknik Relaksasi Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Terpadu Darul Ulum Bandungharjo

Novianti, Rizqi Amalia (2023) Efektivitas Konseling Kelompok Behavioral dengan Teknik Relaksasi Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Terpadu Darul Ulum Bandungharjo. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (197kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui gambaran tingkat kejenuhan belajar siswa sebelum diberikan layanan konseling kelompok behavioral dengan teknik relaksasi pada siswa SMKT Darul Ulum Bandungharjo. (2) Untuk mengetahui gambaran tingkat kejenuhan belajar siswa setelah diberikan layanan konseling kelompok behavioral dengan teknik relaksasi pada siswa SMKT Darul Ulum Bandungharjo. (3) Untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok behavioral dengan teknik relaksasi untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa di sekolah menengah kejuruan terpadu darul ulum bandungharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen dalam bentuk one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 114 siswa dengan pengambilan sampel sebanyak 24 siswa secara Probably Sampling dengan metode simple random sampling (sampel acak sederhana). Pelaksanaan konseling kelompok behavioral dengan teknik relaksasi dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan angket kejenuhan belajar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji statistic T-Test dengan bantuan SPSS versi 16. Hasil penelitian diperoleh dari hasil Uji-t didapatkan hasil thitung sebesar 46,377 > ttabel 1,711, Berdasarkan hasil dari perhitungan uji-t maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga hal tersebut menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok behavioral dengan teknik relaksasi di smkt darul ulum bandungharjo dapat menurunkan tingkat kejenuhan belajar siswa. Pemberian layanan konseling kelompok behavioral dengan teknik relaksasi dapat diterapkan sebagai salah satu alternative untuk menurunkan tingkat kejenuhan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndriani, FarichaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok Behavioral, Teknik Relaksasi dan Kejenuhan Belajar
Subjects: Filsafat dan Psikologi > Psikologi > Motivasi Belajar
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Jan 2025 02:09
Last Modified: 22 Jan 2025 02:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13361

Actions (login required)

View Item View Item