Izzah, Nuriyah Anjalilatil (2023) Konsep Pendidikan Akhlak Peserta Didik Terhadap Guru (Komparasi Pemikiran Syekh Ahmad Nawawi dalam Kitab Jawahirul Adab dan Syekh Hafidz Hasan Al-Mas’udi dalam Kitab Taisirul Khollaq). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (876kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (323kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (277kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (527kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (800kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (579kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (601kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (285kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (419kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan konsep pendidikan akhlak peserta didik terhadap guru menurut pemikiran Syekh Ahmad Nawawi dalam kitab Jawahirul Adab dan Syekh Hafidz Hasan Al-Mas’udi dalam kitab Taisirul Khollaq, serta mengkomparasikan pemikiran Syekh Ahmad Nawawi dengan Syekh Hafidz Hasan Al-Mas’udi tentang konsep pendidikan akhlak peserta didik terhadap guru yang meliputi persamaan dan perbedaannya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian library research (penelitian kepustakaan) dengan pendekatan deskriptif interpretatif. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini adalah kitab Jawahirul Adab dan Taisirul Khollaq. Sedangkan sumber data sekunder sebagai buku pendukung dalam penelitian ini adalah kitab Ta’limul Muta’allim, Adabul ‘Alim Wal Muta’allim, Washaya Aba’ Lil Abna’, At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur’an, Kifayatul Atqiya’ wa Minhaj Al-Asfiya’ dan sumber literatur lainnya yang berkaitan dengan konsep akhlak peserta didik terhadap guru. Data-data mengenai konsep akhlak peserta didik terhadap guru dalam kitab Jawahirul Adab dan Taisirul Khollaq dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi, kemudian data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis isi (content analysis) dengan cara melakukan proses pengkajian, analisis, penguatan dan kolaborasi hasil antara sumber primer dengan sumber sekunder serta merumuskan kesimpulan dari data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Konsep akhlak peserta didik terhadap guru menurut Syekh Ahmad Nawawi dalam kitab Jawahirul Adab yaitu wajib memuliakan guru, mengawali memberi salam, memiliki sikap sopan santun dan tawadhu’ terhadap guru, tidak menanyakan suatu hal yang belum diketahui guru, berdiri dan berhenti di pinggir jalan ketika bertemu guru, menyiapkan tempat belajar, mencatat ilmu yang disampaikan guru serta harus berprasangka baik kepada guru. (2) Konsep akhlak peserta didik terhadap guru menurut Syekh Hafidz Hasan Al-Mas’udi dalam kitab Taisirul Khollaq yaitu harus meyakini bahwa kemuliaan guru lebih besar daripada kemuliaan orang tuanya, memiliki sopan santun terhadap guru, tidak bergurau pada saat pembelajaran, tidak mengunggulkan guru lain didepan guru serta berani bertanya tentang apa yang belum diketahui. (3) Persamaannya adalah sama-sama menjelaskan kewajiban peserta didik untuk memuliakan guru dan patuh terhadap semua perintah guru serta harus memiliki sikap sopan santun kepada guru sebagai modal utama untuk meraih ridha guru. Sedangkan perbedaannya adalah kitab Jawahirul Adab menyajikan pembahasan dalam bentuk syair berbahasa Arab sedangkan kitab Taisirul Khollaq berbentuk narasi, serta terdapat poin-poin akhlak peserta didik terhadap guru yang dijelaskan dalam kitab Jawahirul Adab namun tidak disebutkan dalam kitab Taisirul Khollaq, begitupun sebaliknya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Akhlak, Peserta Didik, Jawahirul Adab, Taisirul Khollaq | ||||||
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Akhlak Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Filsafat dan Teori Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 22 Jan 2025 03:46 | ||||||
Last Modified: | 22 Jan 2025 03:46 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13368 |
Actions (login required)
View Item |