Ulinnuha, Dimas (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Nearpod Tema Etnosains (Jamu Tradisional) Dalam Peningkatan Literasi Sains Pada Mata Pelajaran IPA SMP/MTs. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (299kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (245kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (472kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (481kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (548kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (137kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
Abstract
Pembelajaran IPA dengan aktivitas kehidupan sehari – hari di lingkungan peserta didik adalah dengan memanfaatkan budaya yang terdapat dilingkungan peserta didik sebagai sumber belajar. Cara untuk memadukan budaya (kearifan lokal) dengan materi IPA yaitu melalui pembelajaran berbasis etnosains. Pengintegrasian metari dengan budaya lokal diperlukan supaya konsep dasar sains yang diperoleh peserta didik di sekolah dapat diterapkan dalam kehidupan sehari – hari sehingga dapat membantu meningkatkan literasi sains peserta didik. Salah satu kendala tercapainya keberhasilan pembelajaran IPA adalah kurangnya pemanfaatan penggunaan media interaktif, saat proses pembelajaran. Oleh karena itu, dengan adanya media pembelajaran yang interaktif dan menarik dapat mempermudah peserta didik dalam memahami materi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media interaktif nearpod materi zat aditif berbasis etnosains pada jamu tradisional, dan untuk mengetahui kelayakan dari media dan untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development atau R&D yang mengacu pada salah satu model desain sistem pembelajaran yaitu model ADDIE yang merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan design penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas VIII SMPN 1 Undaan Kudus. Data dikumpulkan melalui teknik (tes) literasi sains dan (non-tes) wawancara, angket kelayakan lembar kerja oleh ahli dan angket kualitas media oleh kelompok kelas sebagai respon pengguna. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media interaktif nearpod zat aditif yang disusun berdasarkan indikator literasi sains dan juga berbasis etnosains pada jamu tradisional. Media interaktif nearpod yang dikembangkan memperoleh penilaian dari validator ahli media sebesar 86, validator ahli materi sebesar 84, dan validator guru IPA memperoleh penilaian sebesar 89, ini menunjukkan skor rata-rata 86,3 dengan rentang skor 83,99<maka media pembelajaran interaktif nearpod ini termasuk pada kategori sangat layak. Kemudian pada respon peserta didik terhadap media interaktif nearpod berbasis etnosains diperoleh nilai sebesar 83,5% dengan kategori sangat menarik. Sedangkan peningkatan literasi sains peserta didik menunjukkan peningkatan yang signifikan dari hasil nilai pretest dan posttest. Hasil perhitungan menggunakan gain-score menunjukkan angka sebesar 0,716 dengan kategori tinggi. Dengan demikian media interaktif nearpod zat aditif berbasis etnosains efektif untuk meningkatkan literasi sains peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Interaktif, Etnosains, Nearpod, Literasi Sains | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 22 Jan 2025 06:55 | ||||||
Last Modified: | 22 Jan 2025 06:57 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13380 |
Actions (login required)
View Item |