Strategi Motivasi Belajar Guru Tahfidz Pada Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Untuk Meningkatkan Hafalan Peserta Didik di MTs Ma’ahid Kudus

Ahsan, Maulana (2023) Strategi Motivasi Belajar Guru Tahfidz Pada Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Untuk Meningkatkan Hafalan Peserta Didik di MTs Ma’ahid Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (557kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (501kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (913kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (595kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (485kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (592kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) strategi motivasi belajar guru tahfidz pada Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Untuk Meningkatkan Hafalan Peserta Didik di MTs Ma’ahid Kudus, 2) faktor pendukung dan penghambat dalam Strategi Motivasi Belajar Guru Tahfidz Pada Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Untuk Meningkatkan Hafalan Peserta Didik di MTs Ma’ahid Kudus. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah bagaimana Strategi Motivasi Belajar Guru Tahfidz Pada Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Untuk Meningkatkan Hafalan Peserta Didik di MTs Ma’ahid Kudus serta bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam Strategi Motivasi Belajar Guru Tahfidz Pada Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Untuk Meningkatkan Hafalan Peserta Didik di MTs Ma’ahid Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dalam penelitian ini peneliti secara langsung menggali informasi di lokasi penelelitian yaitu MTs Ma’ahid Kudus. Sumber data yang diperoleh adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jumlah informan dalam penulisan ini sebanyak 6 orang meliputi kepala sekolah, guru tahfidz dan tiga orang peserta didik MTs Ma’ahid Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dalam pembelajaran tahfidz di MTs Ma’ahid Kudus guru tahfidz menggunakan tiga strategi yaitu pertama strategi persiapan, kedua strategi penguatan dan yang ketiga strategi retensi.Selain dari pihak guru kepala sekolah juga mempunyai strategi dalam keberhasilan pembelajaran tahfidz yaitu memilih guru tahfidz yang sudah hafidz qur’an 30 juz serta manajemen waktu dan tempat pembelajaran. Bentuk motivasi intrinsik antara lain menjelaskan keutamaan bagi orang yang menghafal al-Qur’an dan neningkatkan rasa ingin tahu dengan ayat-ayat akan dihafalkan. Kedua motivasi ekstrinsik Betuk motivasi ekstrinsik antara lain easiswa tahfidz, yaitu berupa bantuan pendidikan berupa beasiswa tahfidz kepada para peserta didik yang mempunyai hafalan al-Qur’an dan Pemberian hadiah kepada santri berprestasi di saat wisuda tahfidz kelas IX. Terdapat faktor pendukung dalam strategi motivasi belajar guru tahfidz dalam pembelajaran tahfidzul qur’an untuk meningkatkan hafalan peserta didik di mts ma’ahid kudus adalah sebagai berikut : guru yang profesional dan kompeten di bidangnya, kemampuan menghafal santri yang cepat, sarana dan prasarana yang mendukung. Sedangkan Faktor penghambat strategi motivasi belajar guru tahfidz untuk meningkatkan hafalan peserta didik adalah sebagai berikut :banyaknya mata pelajaran yang harus dikuasai, ketergantungan dengan teman, mudah menyerah dan libur panjang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Motivasi Belajar, Guru Tahfidz, Pembelajaran Tahfidzul Qur’
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:25
Last Modified: 22 Jan 2025 07:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13385

Actions (login required)

View Item View Item