Chakim,, Moh Ferry Rochman (2023) Pemanfaatan E-Learning Untuk Meningkatkan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN 2 Pati. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (312kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (200kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (497kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (631kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (329kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (815kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (218kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (389kB) |
Abstract
Kemajuan teknologi komunikasi dapat dimanfaatkan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Aliyah. Penerapan sistem pembelajaran dengan e-learning akan dapat meningkatkan literasi digital peserta didik. Melalui e-learning peserta didik diarahkan memiliki kecakapan menggunakan media digital dengan baik, benar, dan bertanggung jawab untuk memperoleh informasi pembelajaran, mencari solusi masalah, menyelesaikan tugas belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan bentuk-bentuk pemanfaatan e�learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam serta kemampuan literasi digital siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pati. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatakan Studi Lapangan (field research). Sumber data primer bersumber dari informan kunci, yaitu: 1) Guru PAI, 2) Kepala Madrasah, dan 3) siswa di MAN 2 Pati. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini: (1) wawancara (interview); (2) observasi; dan (3) dokumentasi. Uji keabsahan data melalui triangulasi sumber, triangulai teknik, dan triangulasi waktu. Teknik análisis data yang meliputi: (1) Reduksi Data; (2) Penyajian Data, dan (3) Verifikasi. Uji kredibilitas data meliputi: perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pati dilaksanakan dalam dua bentuk yaitu Computer-Based Learning (Pembelajaran Berbasis Komputer) dan Web-Based Learning (Pembelajaran Berbasis Web). Setiap peserta didik harus memiliki akun e-learning dengan alamat website http://man2pati.e-ujian.id. Penilaian menggunakan aplikasi Quisis dan google formulir. 2) Faktor pendukungnya: ketersediaan sarana dan prasarana digital, tenaga pendidik yang kompeten dalam bidang IT, kemampuan siswa untuk mengoperasikan perangkat komputer/handphone dan tersedianya jaringan internet yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi: sumber daya guru belum seluruhnya memiliki kompetensi di bidang IT yang mahir, besarnya alokasi biaya perawatan sarana dan prasarana kelas digital, listrik yang terkadang padam dan jaringan internet yang terkadang eror. 3) Kemampuan literasi digital siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN 2 Pati termasuk dalam kategori baik. Siswa memiliki kemampuan dalam membuat produk belajar yang dipresentasikan dalam bentuk video, web, blog, PPT atau vlog, siswa mampu menghasilkan karya dalam bidang literasi.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | E-Learning, Literasi Digital, Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran |
|||||||||
Divisions: | Pascasarjana > PAI | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 23 Jan 2025 07:42 | |||||||||
Last Modified: | 23 Jan 2025 07:42 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13401 |
Actions (login required)
View Item |