Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Integrasi Sains Islam Pada Materi Pokok Tekanan Zat Kelas VIII Di MTs Miftahul Falah Talun

Aufa, Faricha Asniya (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Integrasi Sains Islam Pada Materi Pokok Tekanan Zat Kelas VIII Di MTs Miftahul Falah Talun. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (892kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (275kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (308kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (356kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (628kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (322kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB)

Abstract

Proses kegiatan belajar dan mengajar tidak terlepas dari peran media pembelajaran. Salah satu media yang dapat menarik minat peserta didik untuk membaca dan memahami materi dengan cara yang menyenangkan serta dapat merangsang peserta didik menjadi lebih semangat mengikuti pembelajaran adalah komik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan komik berbasis integrasi sains islam pada materi tekanan zat, untuk mengetahui proses pengembangan komik sains islam dan pendapat para ahli terhadap komik, serta untuk mengetahui respon peserta didik di MTs Miftahul Falah Talun Kayen. Pengembangan media pembelajaran komik ini memanfaatkan website StoryboardThat untuk membuat panel komik, website canva untuk membuat cover dan dilakukan penyusunan panel komik pada microsoft word lalu mencetak file komik tersebut menjadi sebuah buku komik. Komik ini dibuat dengan mengintegrasikan materi tekanan zat dengan ayat-ayat al-qur’an. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dari Borg and Gall namun dibatasi hanya pada langkah ketujuh karena pertimbangan keterbatasan waktu dan biaya. Kelayakan produk dilakukan dengan melakukan validasi pada dua ahli materi, dua ahli media, dua ahli integrasi dan respon satu pendidik. Setelah itu, peneliti melakukan uji kemenarikan produk kelas kecil pada 6 peserta didik dan kelas besar pada 28 peserta didik di MTs Miftahul Falah Talun Kayen untuk melihat respon peserta didik. Penelitian ini menghasilkan produk berupa komik sains islam yang layak untuk digunakan berdasarkan penilaian dari validator ahli materi memperoleh rata-rata nilai 78,3% yang dikategorikan baik, validator ahli media memperoleh rata-rata nilai 83,1% yang dikategorikan sangat baik, validator ahli integrasi memperoleh rata-rata nilai 87,5% yang dikategorikan sangat baik. Respon pendidik memperoleh nilai 94% dikategorikan sangat baik, uji coba peserta didik kelas kecil memperoleh nilai persentase 90% dan uji coba kelas besar memperoleh nilai persentase 89% yang dikategorikan sangat puas. Hal ini menunjukan bahwa media komik sains islam dapat diterima oleh peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPrasetyo, Dody RahayuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Komik, Sains Islam, Tekanan Zat
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Jan 2025 07:03
Last Modified: 31 Jan 2025 07:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13472

Actions (login required)

View Item View Item