Penerapan Strategi Pembelajaran Intelligence Mapping Presentation Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di MI Salafiyah Tawaran Kenduruan Tuban Tahun 2024

Anti, Ghoni Anda Irma Efri (2024) Penerapan Strategi Pembelajaran Intelligence Mapping Presentation Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di MI Salafiyah Tawaran Kenduruan Tuban Tahun 2024. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (571kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (771kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (522kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (287kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: Penerapan strategi pembelajaran intteligence mapping presentation; dan Menganalisis hambatan serta solusi dalam penerapan strategi pembelajaran intteligence mapping presentation. Pada penelitian ini, menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif (qualitative research). Sumber data yang didapatkan dari data primer yaitu guru kelas IV, dan peserta didik kelas IV serta data sekunder berupa hasil wawancara dengan kepala madrasah serta dokumen arsip milik madrasah, internet, dan sumber yang relevan. Adapun teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan deskripsi hasil dan analisis data penelitian, menunjukkan bahwa: Pertama, Penerapan strategi pembelajaran intelligence mapping presentation dimulai dengan guru menjelaskan materi ajar dibantu media yang sesuai serta menjelaskan langkah membuat mapping dan memberi contoh hasil mapping, peserta didik dibagi menjadi 3 kelompok kecil. Masing-masing kelompok membaca materi/tema dan mencatat pokok materi yang telah dipahami, kemudian dikembangkan dengan membuat mapping, setelah selesai masing-masing kelompok mempresentasikan hasil mapping. Keberhasilan strategi pembelajaran ini adalah terwujudnya partisipasi belajar peserta didik ditinjau dari respon peserta didik dalam aktivitas keterlibatan selama proses pembelajaran; dari mengatur tempat duduk secara berkelompok, bertanya; menjawab pertanyaan guru; kompak bekerja sama dalam menyelesaikan tugas mapping; bertukar ide dengan teman kelompoknya; dan mempresentasikan tugas mapping. Kedua, Hambatan pada penerapan strategi pembelajaran intelligence mapping presentation. Hambatan internal 1)Konsentrasi peserta didik; dalam strategi ini dibutuhkan konsentrasi daya pikir yang lebih guna memfokuskan perhatian siswa dalam pembelajaran. 2)Kreativitas, pada strategi ini dihasilkan output berupa mapping. Siswa dituntut mampu mengkreasikan mapping yang kreatif dan menarik. Hambatan eksternal dari strategi pembelajaran ini adalah: 1)Alokasi waktu pembelajaran, dalam membuat mapping dan pemahaman materi IPAS diperlukan waktu pembelajaran yang lebih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusanti, Rini DwiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Intelligence Mapping Presentation, Partisipasi Belajar, IPAS
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Feb 2025 03:40
Last Modified: 19 Feb 2025 03:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13726

Actions (login required)

View Item View Item