Studi Eksperimen Implementasi Metode Pembelajaran Eksperimen dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran IPAS Materi Energi Cahaya beserta Sifat-nya di MI NU Manafiul Ulum 02 Getassrabi Gebog Kudus

Syafi’atulkhoir, Salsabila (2024) Studi Eksperimen Implementasi Metode Pembelajaran Eksperimen dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran IPAS Materi Energi Cahaya beserta Sifat-nya di MI NU Manafiul Ulum 02 Getassrabi Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRACT.pdf

Download (164kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (333kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (409kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (272kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (983kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (130kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran eksperimen dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas IV pada Mata Pelajaran IPAS materi Energi Cahaya dan sifat nya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian Pre Eksperimental Type One Group Pretest-Posttest Design. Sedangkan pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dengan jumlah 48 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas IV B dengan jumlah 25 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa tes. Instrumen tes yang digunakan adalah tes objektif berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal dari 25 soal yang layak digunakan setelah dilakukan uji validitas. Adapun soal tes yang diukur memuat indikator keterampilan proses sains yang ditingkatkan yakni klasifikasi, menafsirkan, observasi, menerapkan konsep, menggunakan alat bahan, dan mengkomunikasikan, Pengujian ini dilakukan dengan bantuan program Excel dan SPSS versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengujian hipotesis dilihat dari perhitungan nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05. Dan hasil penelitian menunjukkan 0,000 < 0,05. Maka hipotesis alternative (ha) di terima dan hipotesis nihil (ho) di tolak, artinya penerapan metode pembelajaran eksperimen efektif dapat meningkatkan keterampilan proses sains dalam hal ini pada ranah kognitif siswa pada mata pelajaran IPAS materi energi cahaya beserta sifatnya. Keefektifan dapat dilihat dari peningkatan nilai yang terjadi antara pretest dengan posttest. Pada hasil pretest siswa mendapatkan nilai rata-rata 52% dengan kategori kurang baik, kemudian setelah diberikan perlakuan berupa penerapan metode pembelajaran eksperimen untuk meningkatkan keterampilan proses sains, terjadi suatu peningkatan yang terlihat dari hasil posttest yakni memperoleh rata-rata 80% dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran eksperimen efektif dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusanti, Rini DwiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Eksperimen, Keterampilan Proses Sains
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Apr 2025 07:22
Last Modified: 14 Apr 2025 07:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14111

Actions (login required)

View Item View Item