Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Kedisiplinan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di MI Negeri Kudus

Mawardhani, Rani Aulia (2024) Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Kedisiplinan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di MI Negeri Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (365kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (473kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (790kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (582kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (529kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (920kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (368kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (589kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pengaruh reward terhadap kedisiplinan belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas V di MI Negeri Kudus. 2) untuk mengetahui pengaruh punishment terhadap kedisiplinan belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas V di MI Negeri Kudus. 3) untuk mengetahui pengaruh reward dan punishment terhadap kedisiplinan belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas V di MI Negeri Kudus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket (kuesioner) dan dokumentasi. Pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yang berjumlah 106 responden. Metode analisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan IBM SPSS versi 26. Hasil penelitian diperoleh bahwa variabel reward memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kedisiplinan belajar peserta didik. Sedangkan untuk variabel punishment, dalam penelitian ini tidak berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar peserta didik. Untuk secara bersamaan variabel reward (X1) dan punishment (X2) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel kedisiplinan belajar (Y). Besarnya pengaruh reward dan punishment terhadap kedisiplinan belajar peserta didik ditunjukkan dengan hasil koefisien determinasi (R square) sebesar 0,112. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa besarnya pengaruh reward dan punishment terhadap kedisiplinan belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas V di MI Negeri Kudus yaitu 11,2% dan sisanya 88,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhoeroni, FaridUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Reward, Punishment, Kedisiplinan Belajar
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Disiplin Sekolah
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Disiplin Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Apr 2025 02:13
Last Modified: 21 Apr 2025 02:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14131

Actions (login required)

View Item View Item