Syafi’atulkhoir, Nabila (2024) The Implementation of Window Shopping Learning Model to Improve Student's Reading Comprehension of Islamic Narrative Story at The Ninth Grade of MTs NU Nurul Huda Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRACT.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
3. TABLE OF CONTENTS.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text
4. CHAPTER I.pdf Download (337kB) |
![]() |
Text
5. CHAPTER II.pdf Download (393kB) |
![]() |
Text
6. CHAPTER III.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
7. CHAPTER IV.pdf Download (518kB) |
![]() |
Text
8. CHAPTER V.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
9. REFERENCES.pdf Download (252kB) |
Abstract
Memperoleh pengetahuan melalui membaca merupakan metode yang sangat efektif. Melalui pemahaman dan interpretasi, siswa dapat menafsirkan informasi berdasarkan pengetahuan yang ada. Namun, dalam memahami teks tertulis menimbulkan tantangan bagi banyak siswa, terutama ketika berhadapan dengan teks bahasa Inggris sebagai bahasa asing, khususnya teks narasi, dengan topik seperti cerita narasi Islami. Cerita naratif Islami ini menekankan pada pemahaman alur cerita, tema, tokoh, nilai moral, peristiwa, dan bagaimana kesemuanya berhubungan satu sama lain. Sedangkan siswa harus memahami teks untuk mendapatkan pesan atau nilai moral yang terkandung dalam cerita narasi Islam. Oleh karena itu, guru harus segera mengatasi permasalahan siswa tersebut. Hal ini penting untuk diperhatikan karena materi nilai-nilai Islam sangat penting untuk diajarkan di sekolah-sekolah Islam (Madrasah), bertujuan untuk membentuk karakter Islami di kalangan siswa. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, guru harus menggunakan metode pengajaran yang efektif yang dapat menginspirasi dan membuat proses pembelajaran menyenangkan. Dalam penelitian ini, guru bahasa Inggris menggunakan model Pembelajaran Window Shopping untuk mengajarkan pemahaman membaca cerita narasi Islami pada siswa kelas sembilan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Model Pembelajaran Window Shopping untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa terhadap cerita naratif Islam dan untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan hambatan penggunaannya untuk meningkatkan pemahaman membaca cerita narasi Islami siswa kelas IX MTs NU Nurul Huda. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yang meliputi analisis data melalui pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Tujuannya adalah untuk menghasilkan data deskriptif, yang mencakup kata-kata tertulis dan lisan dari individu, beserta perilaku yang diamati. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : Pertama, penerapan model pembelajaran window shopping untuk meningkatkan pemahaman membaca cerita Naratif Islami siswa di kelas sembilan MTs NU Nurul Huda. Tahapan pembelajaran ada tiga, tahap perencanaan, pelaksanaan, dan diakhiri dengan evaluasi. Kemudian langkah-langkah penerapan model pembelajaran window shopping adalah: (1) Guru bahasa Inggris menjelaskan materi tentang teks narasi (2) Guru membagi siswa menjadi 5 kelompok. (3) Guru memberikan teks bacaan narasi cerita Islami paragraf acak dengan topik yang berbeda-beda kepada setiap kelompok. (4) Guru menyediakan lembar kerja yang berisi tugas dan pertanyaan untuk setiap kelompok. (5) Siswa berdiskusi tentang tugas-tugas seperti menyusun paragraf acak teks cerita narasi Islami yang disediakan guru, menganalisis struktur generiknya, menentukan gagasan pokok dan menentukan pesan atau nilai moral yang terkandung dalam cerita narasi Islami. . (6) Setiap kelompok mempresentasikan karyanya pada kertas Astro. (7) Setiap kelompok menempelkan hasil kerjanya pada dinding terdekat. (8) Setiap kelompok membagi anggota kelompoknya menjadi 2 tim, sebagai penjaga stand (presenter) dan sebagai tim pengunjung. (9) Siswa berkumpul kembali di kelompoknya masing-masing, dan tim pengunjung berbagi catatan dengan tim presenter. (10) Guru memberikan pertanyaan tertulis kepada siswa untuk dibawa pulang. Kedua, faktor pendukung penggunaan model pembelajaran window shopping: (1) Siswa lebih aktif dan berpartisipasi dalam diskusi kelas. (2) Siswa diajarkan untuk menghargai dan bekerjasama dengan teman sekelasnya. (3) Meningkatkan pengetahuan siswa melalui pertukaran gagasan dalam kelompoknya atau kelompok lain. (4) Mengembangkan keterampilan komunikasi siswa. (5) Mendorong partisipasi individu siswa baik dalam kelompok maupun di kelas. Kendala dalam penggunaan model pembelajaran window shopping pada pemahaman membaca cerita narasi Islami di kelas IX MTs Nurul Huda adalah : (1) Kesulitan dalam menyajikan hasil diskusi kepada teman-temannya (2) Beberapa siswa kurang berpartisipasi aktif. Selain itu, faktor kendala yang dihadapi guru antara lain (3) Kesulitan dalam mengelola kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 21 Apr 2025 04:19 | ||||||
Last Modified: | 21 Apr 2025 04:19 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14137 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |