Strategi Manajemen Fundraising dalam Pengelolaan Keuangan di Masjid Agung Kudus

Lailatusyifa, Fina (2024) Strategi Manajemen Fundraising dalam Pengelolaan Keuangan di Masjid Agung Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ASBTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (314kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (389kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (399kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (300kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (544kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (315kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Masjid Agung Kudus yang menerima dana utama dari Pemerintah Kabupaten. Namun, dana tersebut tidak mencukupi untuk kegiatan dalam tiga bidang utama (Idaroh, Imaroh, Riayah) karena keterbatasan alokasi dari pemerintah. Oleh karena itu, Masjid Agung Kudus menerapkan strategi manajemen fundraising untuk menambah sumber income. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) strategi manajemen fundraising dalam pengelolaan keuangan Masjid Agung Kudus (2) faktor pendukung dan penghambat dalam strategi manajemen fundraising dalam pengelolaan keuangan Masjid Agung Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan pengamatan langsung, wawancara, dan dokumentasi. Adapun objek penelitiannya yaitu di Masjid Agung Kudus yang berlokasi di Dukuh Kauman Desa Demaan Kecamatan Kota, yang berada di Jl. Simpang Tujuh 15a Kudus. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa Masjid Agung Kudus menggunakan dua metode fundraising: (1) direct fundraising melalui donasi individual dengan cara penempatan kotak amal diberbagai sudut masjid agung kudus, pemanfaatan teknologi dengan cara pemasangan barcode QRIS, dan kominikasi serta promosi dengan cara promosi via whatsapp group dengan anggota para donatur masjid agung kudus, (2) indirect fundraising melalui donasi dari perusahaan atau lembaga dengan cara pengajuan proposal ke lembaga-lembaga atau ke perusahaan. Selanjutnya peneliti menumukan faktor yang menjadi pendukung sekaligus penghambat, kedua faktor tersebut diambil dari hasil observasi dan wawancara yang telah dilaksanakan peneliti. Faktor pendukung ini meliputi: komunitas yang solid, transparansi, kerjasama dengan lembaga,serta edukasi dana kesadaran. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat utamanya adalah kondisi ekonomi jamaah atau donatur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYasfin, Moh. AnwarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Manajemen Fundraising, Pengelolaan Keuangan, Masjid
Subjects: Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Organisasi dan Keuangan
Bisnis > Manajemen > Organisasi dan Keuangan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Manajemen Dakwah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Apr 2025 02:10
Last Modified: 22 Apr 2025 02:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14144

Actions (login required)

View Item View Item