Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Motion Graphic Untuk Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila Pada Mapel PAI & Budi Pekerti Siswa Kelas VIII dI SMP N 1 Gebog Kudus

Fahmi, Muhammad Ulil (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Motion Graphic Untuk Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila Pada Mapel PAI & Budi Pekerti Siswa Kelas VIII dI SMP N 1 Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (806kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (574kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)

Abstract

Rendahnya kualitas pembelajaran tanpa di dukung media menjadikan peserta didik bosan dan sulit untuk mendidik karakter. Oleh karena itu, diperlukannya inovasi teknologi pembelajaran yang sekaligus menguatkan karakter Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui spesifikasi media pembelajaran berbasis motion graphic untuk penguatan karakter profil pelajar Pancasila pada mapel PAI dan Budi Pekerti siswa kelas VIII SMP N 1 Gebog Kudus. (2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis motion graphic untuk penguatan karakter profil pelajar Pancasila pada mapel PAI dan Budi Pekerti siswa kelas VIII SMP N 1 Gebog Kudus, (3) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis motion graphic untuk penguatan karakter profil pelajar Pancasila pada mapel PAI dan Budi Pekerti siswa kelas VIII SMP N 1 Gebog Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Research and Development. lima tahapan yakni Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri atas lembar pedoman wawancara, lembar validasi, dan angket. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII F SMP N 1 Gebog Kudus.. Analisis data yang dilakukan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Spesifikasi media pembelajaran berbasis motion graphic untuk penguatan profil pelajar Pancasila pada mapel PAI dan Budi Pekerti siswa kelas VIII SMP N 1 Gebog Kudus berdurasi 9 menit 15 detik. Bisa ditampilkan secara (offline) ataupun (online). Tahap pembuatan di awali membuat storyboard, naskah, membuat ilustrasi dan mengedit gambar, dan rekaman suara narator. (2) Uji Kelayakan media pembelajaran berbasis motion graphic ini ialah segi visual sebesar 92%, segi audio layak 100%, segi isi sebesar 91%, dan segi bahasa layak sebesar 97,5%. (3) Pengaruh Penguatan profil pelajar Pancasila siswa setelah mengikuti pembelajaran PAI dan Budi Pekerti melalui media pada seluruh siswa kelas VIII F uji (pretest), sebesar 44, sedangkan setelah penggunaan media (posttest) berubah 54,87879. Hasil uji N-Gain sebesar 0,7369553 menyatakan penguatan profil pelajar Pancasila siswa mengalami peningkatan yakni aspek Kebhinekaan dan kebudayaan global dengan nilai 0,721012212 kategori sedang, dan nilai 0,741309054 pada aspek bergotong royong.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDzofir, MohammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motion Graphic, Karakter, Profil Pelajar Pancasila, dan PAI
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Apr 2025 04:07
Last Modified: 22 Apr 2025 04:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14158

Actions (login required)

View Item View Item