Implementasi Budaya Organisasi Untuk Meningkatkan Pelayanan Publik (Studi Kasus di Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati)

Mariza, Prifti Nur (2024) Implementasi Budaya Organisasi Untuk Meningkatkan Pelayanan Publik (Studi Kasus di Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (260kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi budaya organisasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati. Dalam kasus penyelenggara haji dan umroh masih banyak penyelenggara haji dan umroh yang tergolong dibawah standar yang di tetapkan, sehingga berdampak kepada pelayanan publik. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana elemen-elemen budaya organisasi dapat diterapkan secara efektif guna menciptakan layanan yang lebih responsif, efisien, dan memuaskan bagi masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, melibatkan observasi langsung, wawancara, serta analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi yang kuat, ditandai dengan nilai-nilai seperti integritas, profesionalitas, inovasi, kedisiplinan dan tanggungjawab dapat meningkatkan kinerja pegawai dan kualitas pelayanan publik. Implementasi budaya organisasi ini mencakup berbagai aspek seperti komunikasi yang baik , kebersamaan , dan semangat jiwa corsa yang dibentuk melalui beberapa program. Tantangan utama yang dihadapi adalah resistensi terhadap perubahan dan keterbatasan sumber daya. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi budaya organisasi yang konsisten dan terstruktur dapat memberikan dampak positif terhadap pelayanan publik di Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYasfin, Moh. AnwarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Budaya Organisasi, Pelayanan Publik, Penyelenggara Haji dan Umroh
Subjects: Islam (Umum) > Islam dan Ilmu Sosial
Ilmu-Ilmu Sosial > Kebudayaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 May 2025 04:01
Last Modified: 14 May 2025 04:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14224

Actions (login required)

View Item View Item