Laily, Noviana Noor (2024) Implementasi Pendekatan Etno-STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Minat Peserta Didik. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (437kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (455kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (499kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (744kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (636kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (875kB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (344kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (390kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena peserta didik kurang adanya rasa ingin tahu, kurangnya pemahaman konsep IPA, dan ketidaksesuaian model pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk mengajar, serta kurangnya sarana dan prasarana di sekolah. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk peningkatan keterampilan berpikir kritis dan minat peserta didik pada hasil belajar dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan Etno-STEM. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian field research dengan pendekatan kuantitatif jenis Quasi Experimental Design. Variabel independen pada penelitian ini adalah pendekatan Etno-STEM dalam pembelajaran IPA. Sedangkan, variabel dependen dalam penelitian yakni keterampilan berpikir kritis dan minat peserta didik. Peserta didik kelas VIII MTs Darul Hikam Kudus menjadi populasi dalam penelitian ini yaitu 88 peserta didik dengan sample 58 peserta didik, di mana kelas eksperimen 28 peserta didik dan kelas kontrol 30 peserta didik. Teknik pengambilan sample menggunakan teknik probability sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini, meliputi metode, dan observasi. Analisis data yang diterapkan pada penelitian ini adalah analisis data deskriptif dan inferensial. Analisis data inferensial menggunakan uji N-Gain untuk mengukur peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menghasilkan pengintegrasian prinsip entosains dan konsep STEM dengan tujuh karakteristik utama, diantaranya adalah melibatkan konteks kearifan lokal, pembelajaran berbasis masalah, keterlibatan peserta didik, pemikiran yang kritis, kolaborasi dan tim, penggunaan teknologi, serta penekanan pada proses ilmiah. Implementasi pendekatan Etno-STEM efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan minat belajar peserta didik terutama dalam kelas ekperimen. Respon guru terhadap pendekatan ini diklasifikasikan sebagai respon baik, respon guru sebesar 51,6% % yang mempengaruhi respon baik peserta didik sebanyak 58,1%. Secara keseluruhan, pendekatan Etno-STEM dapat menjadi metode pembelajaran yang efektif dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang mendalam dan bermakna dalam mata Pelajaran IPA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Etno-STEM, Keterampilan Berpikir Kritis, Minat Peserta Didik | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > E-Learning, Pembelajaran Elektronik |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 15 May 2025 07:46 | ||||||
Last Modified: | 15 May 2025 07:46 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14232 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |