Muzdalifah, Bibit (2024) Implementasi Model Pembelajaran Numbered Head Together berbantuan Media Crossword Puzzle dalam Pembelajaran IPA Kelas V di MI NU Sholahiyah Pedawang Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
01.COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02.ABSTRAK.pdf Download (482kB) |
![]() |
Text
03.DAFTAR ISI.pdf Download (570kB) |
![]() |
Text
04.BAB I.pdf Download (648kB) |
![]() |
Text
05.BAB II.pdf Download (945kB) |
![]() |
Text
06.BAB III.pdf Download (666kB) |
![]() |
Text
07.BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
08.BAB V.pdf Download (499kB) |
![]() |
Text
09.DAFTAR PUSATAKA.pdf Download (636kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui implementasi Model Pembelajaran Numbered Head Together berbantuan Media Crossword Puzzle dalam Pembelajaran IPA Kelas V di MI NU Sholahiyah Pedawang Bae Kudus; 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dari implementasi model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media Crossword Puzzle dalam Pembelajaran IPA kelas V di MI NU Sholahiyah Pedawang Bae Kudus. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MI NU Sholahiyah Pedawang Bae Kudus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V, guru mata pelajaran IPA sekaligus wali kelas V dan kepala madrasah. Untuk memperoleh data, peneliti mengambil data dari data primer yakni kepala madrasah, guru kelas V dan peserta didik kelas V. Selanjutnya data sekunder berupa arsip atau dokumen yang berkaitan dengan madrasah dan peseerta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini yaitu uji kredibilitas, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability. Setelah data terkumpul langkah selanjutnya yakni analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) pelaksanaan kegiatan pembelajaran dalam implementasi model Numbered Head Together berbantuan media Crossword Puzzle yakni meliputi Numbering (Guru membagi siswa menjadi berkelompok serta memberikan nomor), Questions (Guru memberikan teka-teki silang pada tiap kelompok), Heads Together (Tiap anggota kelompok menyatukan kepalanya atau berdiskusi memikirkan jawaban), Pemanggilan nomor, Answering, apresiasi kepada siswa. (2) Faktor pendukung yakni pertama partisipasi aktif siswa, kedua semangat siswa pada saat pembelajaran, ketiga siswa mampu berkolaborasi. Sedangkan factor penghambatnya yakni pertama membutuhkan waktu yang lama, kedua suasana kelas yang kurang kondusif dan rasa tidak percaya diri dalam kelompok
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran / Numbered Head Together / Media Crossword Puzzle / Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 23 Jun 2025 08:31 | ||||||
Last Modified: | 23 Jun 2025 08:31 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14455 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |