Roaeni, Romlah (2024) Pengembangan Booklet Pada Materi Keanekaragaman Hayati Berbasis Pendekatan Saintifik Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Kelas X Ma An-Nur Daren Nalumsari Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (902kB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (355kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (428kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (754kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (337kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan booklet alam dan Al-Qur’an, keanekaragaman hayati berbasis saintifik terintegrasi nilai-nilai islam jenjang SMA/MA. Penelitian ini terdiri dari: 1) Bagaimana bentuk prosedur booklet biologi berbasis pendekatan saintifik terintegrasi nilai-nilai Islam pada materi keanekaragaman hayati 2) Bagaimana validitas booklet biologi berbasis pendekatan saintifik terintegrasi nilai-nilai Islam pada materi keanekaragaman hayati 3) Bagaimana kelayakan dalam pengembangan booklet biologi berbasis pendekatan saintifik terintegrasi nilai-nilai Islam pada materi keanekaragaman hayati. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Terdapat lima langkah dalam pengembangan booklet alam dan Al-Qur’an, keanekaragaman hayati diantaranya yaitu: analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Booklet yang dikembangkan di validasi oleh 2 dosen Tadris Biologi IAIN Kudus yang tediri dari 1 ahli media dan 1 ahli materi. Penelitian ini diuji cobakan di MA An-Nur Daren, Nalumsari, Jepara dengan subyek 1 guru biologi dan 35 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan penilaian angket. Data yang sudah terkumpul selanjutnya dianalisa dengan kriteria kevalidan dan kepraktisan booklet yang sebelumnya sudah ditentukan sehingga mendapatkan hasil yaitu validasi oleh ahli media mendapatkan nilai 91,7% dan penilaian oleh ahli materi mendapatkan nilai 95,3%. Hasil penilaian dari ahli media dan ahli materi maka booklet alam dan Al-Qur’an, keanekaragaman hayati dikategorikan “sangat valid”. Hasil dari uji coba booklet alam dan Al-Qur’an, keanekaragaman hayati di sekolah mendapatkan nilai dari penilaian guru yaitu 90,4% dan dari penilaian siswa sebesar 82,42%, sehingga dari hasil uji coba yang telah dilakukan maka booklet alam dan Al- Qur’an, keanekaragaman hayati dikategorikan “praktis/layak”. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba maka booklet alam dan Al-Qur’an, keanekaraaman alam dan Al-Qur’an, keanekaragaman hayati dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Booklet Alam dan Al-Qur’an, Keanekaragaman Hayati, Integrasi Nilai-Nilai Islam, Keanekaraaman Hayati | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2025 03:03 | ||||||
Last Modified: | 24 Jun 2025 03:03 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14459 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |