Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Journaling dalam Meningkatkan Perencanaan Karir Peserta Didik Kelas IX di MTs NU Matholi’ul Huda

Rofida, Ifana (2024) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Journaling dalam Meningkatkan Perencanaan Karir Peserta Didik Kelas IX di MTs NU Matholi’ul Huda. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (566kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (394kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (688kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (671kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (847kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (922kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (485kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (590kB)

Abstract

Perencanaan karir ialah proses individu untuk memahami diri dan lingkungannya, memantapkan suatu komitmen, mampu memilih dan merencanakan berbagai bidang karir, menerima segala konsekuensinya secara sadar serta lebih realistis sehingga tercapai tujuan yang diharapkan. Dalam melakukan suatu perencanaan karir di sekolah, peserta didik dapat dibantu dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok. Layanan bimbingan kelompok dapat dipadukan dengan berbagai teknik salah satunya journaling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Tingkat perencanaan karir peserta didik kelas IX di MTs NU Matholi’ul Huda sebelum dan sesudah diterapkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik journaling. 2) Tingkat efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik journaling dalam meningkatkan perencanaan karir peserta didik di MTs NU Matholi’ul Huda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pre-experimental design. Populasi dalam penelitian menggunakan kelas IX C dan D dengan jumlah peserta didik 64, sementara sampel yang digunakan 12 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling dengan memperhatikan jumlah peserta didik setiap kelas dan mengambil secara seimbang serta dilihat berdasarkan hasil skor rendah dan sedang. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji Wilcoxon Signed Rank Test menyatakan bahwa: 1) terdapat peningkatan perencanaan karir peserta didik kelas IX di MTs NU Matholi’ul Huda setelah diberikan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik journaling. 2) Penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik journaling terbukti efektif untuk meningkatkan perencanaan karir peserta didik kelas IX di MTs NU Matholi’ul Huda

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSetyawan, David AriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Journaling, Perencanaan Karir
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Disiplin Sekolah
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Disiplin Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Jul 2025 02:37
Last Modified: 08 Jul 2025 02:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14564

Actions (login required)

View Item View Item