Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Usaha Meubel PT. Horestco Indonesia

Pradana, Muhammad Januar Oksa (2024) Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Usaha Meubel PT. Horestco Indonesia. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (477kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (570kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (574kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (748kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (386kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (481kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (574kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana penerapan prinsip etika bisnis islam di PT. Horestco Indonesia. serta dampak penerapannya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Penelitian ini dilakukan di PT. Horestco Indonesia dengan subyek penelitian pimpidan perusahanaan, supervisor dan karyawan PT. Horestco Indonesia serta buyer. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan adab/etika bisnis islam, diantaranya mempunyai kepribadian spiritual (takwa), berlaku Shidiq, berlaku adil (Al-adl), bersikap melayani dan rendah hati (Khidmah), menepati janji dan tidak curang, jujur dan terpecaya (Amanah), enggan menjelek-jelekkan (Ghibah), Menghindari berpromosi palsu. Sedangkan terdapat 4 pedoman syari’ah untuk melaksanakan peran marketing PT. Horestco Indonesia, yaitu: ketuhadan, kekeluargaan, amanah dan menjalankan usaha yang halal. Penerapan etika bisnis islam pada PT. Horestco hasil akhirnya merupakan sebuah perwujudan dari bagaimana perusahaan mencapai tujuan perusahaan itu sendiri. Dengan demikian, berjalan baiknya prinsip etika bisnis islam dalam perusahaan sebagai langkah perusahaan untuk terus berkembang dan memperbaiki kualitas diri. Dampak penerapan etika bisnis islam antara lain terciptanya lingkungan perusahaan yang baik, adanya keseimbangan antara ibadah dan kerja serta terciptanya kepercayaan baik bagi buyer, karyawan dan perusahaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
UNSPECIFIEDMustaqim, MuhamadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Etika, Bisnis Islam, Usaha
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Ekonomi, Perekonomian > Wirausaha
Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Manajemen Pabrik
Bisnis > Manajemen > Manajemen Pabrik
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Jul 2025 07:58
Last Modified: 14 Jul 2025 07:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14605

Actions (login required)

View Item View Item