Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Mewujudkan Profil pelajar Pancasila Pada Pembelajaran PPKN di MI Raudlotul Athfal Mutih Kulon

Munawaroh, Ainatul (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Mewujudkan Profil pelajar Pancasila Pada Pembelajaran PPKN di MI Raudlotul Athfal Mutih Kulon. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (621kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (617kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (786kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (881kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (831kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (819kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (633kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (795kB)

Abstract

Penerapan profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran PPKN dapat membantu mengurangi kurangnya pemahaman siswa dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Guru dapat menyampaikan materi PPKN dengan mengajarkan dimensi dalam profil pelajar Pancasila dan dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran akan lebih mudah dipahami apabila teori yang dipelajari kemudian di aplikasikan secara langsung oleh siswa. Di MI Raudlotul Athfal Mutih Kulon Wedung Demak, sarana prasarananya kurang memadai menyebabkan pembelajarannya kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas mengenai proses penerapan kurikulum merdeka dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran PPKN. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis field research atau penelitian lapangan di MI Raudlotul Athfal Mutih Kulon Wedung Demak. Subjek penelitiannya yaitu kepala sekolah, guru kelas IVA, siswa kelas IVA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Selanjutnya data dianalisis menggunakan tiga langkah diantaranya reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum merdeka sudah terlaksana dengan baik meskipun ada beberapa masalah. Penerapan kurikulum merdeka dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila ditekankan pada materi pemahaman pada pembelajaran PPKN, karena pembelajaran tersebut berkaitan dengan pembentukan akhlak dan karakter siswa. Untuk memperkuat profil pelajar Pancasila salah satunya dengan praktik. Strategi konkrit yang digunakan dalam untuk membantu siswa dalam memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari yaitu harus dipraktikkan langsung. Untuk mengukur keberhasilan profil pelajar Pancasila secara keseluruhan adalah dengan adanya materi itu, meskipun tidak bisa berhasil 100% paling tidak ini bisa merubah watak dan sikap para peserta didik. Sikap, akhlak, dan sopan santun siswa sudah banyak berubah. Kalau masalah imajinasi dan kreativitas itu nanti tergantung dengan kegiatan belajar mengajar di kelas. Dalam penerapan profil pelajar Pancasila pada pembelajaran PPKN terdapat kendala yang dialami guru yaitu kaitannya dengan media pembelajaran dan sarana prasarananya yang belum memadai

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSanusi, SanusiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila, Pembelajaran PPKN
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Jul 2025 01:20
Last Modified: 30 Jul 2025 01:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14672

Actions (login required)

View Item View Item