Hasanah, Uswatun (2024) Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SDIT Umar Bin Khathab Juwana Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
cover-kata pengantar.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (599kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (535kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (606kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (674kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (518kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (480kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan kurikulum merdeka pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SDIT Umar Bin Khathab Juwana Pati, (2) Pengorganisasian kurikulum merdeka pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SDIT Umar Bin Khathab Juwana Pati, (3) Pelaksanaan kurikulum merdeka pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SDIT Umar Bin Khathab Juwana Pati, (4) Evaluasi kurikulum merdeka pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SDIT Umar Bin Khathab Juwana Pati, (5) faktor pendukung dan penghambat serta upaya yang dilakukan dalam implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SDIT Umar Bin Khathab Juwana Pati. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, menggunakan pendekatan deskriptif kualitataif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, dan guru pendidikan agama Islam. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi non partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Qualitative Data Analysis Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun pengujian keabsahan data meliputI perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahan referensi dan penggunaan member check. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan kurikulum merdeka pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti sebagai berikut: (2) Pengorganisasian kurikulum merdeka pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti sebagai berikut: pembagian kegiatan intrakurikuler, kegiatan pengembangan diri, program inklusif, kegiatan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan penyusunan kalender pendidikan, (3) Pelaksanaan kurikulum merdeka pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti sebagai berikut: pengembangan modul ajar sesuai kebutuhan peserta didik dan melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi, (4) Evaluasi kurikulum merdeka pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti sebagai berikut: asesmen diagnostik, asesmen formatif, asesmen sumatif dan evaluasi KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan), (5) Faktor pendukung sebagai berikut: adanya sarana dan prasarana yang memadai, anggaran dana yang memadai, dan adanya dukungan orang tua serta masyarakat. Adapun faktor penghambat serta upaya yang dilakukan sebagai berikut: kurangnya inovasi dalam proses pembelajaran diupayakan dengan memberikan pelatihan dan pengembangan profesional yang teratur serta kolaborasi antar pendidik untuk berbagi praktik baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti | |||||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Kurikulum |
|||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 27 Aug 2025 00:45 | |||||||||
Last Modified: | 27 Aug 2025 00:45 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14739 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |