Pengaruh Media Sosial, Literasi Keuangan Syariah, dan Self Control terhadap Perilaku Konsumtif pada Remaja Akhir di Kabupaten Kudus

Ulya, Childha Shofiana (2024) Pengaruh Media Sosial, Literasi Keuangan Syariah, dan Self Control terhadap Perilaku Konsumtif pada Remaja Akhir di Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (354kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (351kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (602kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (369kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (656kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (147kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (331kB)

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan tindakan yang dilakukan secara berlebihan terhadap penggunaan produk. Tidak hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan, namun juga sebagai cara untuk memenuhi keinginan, menyalurkan hobi, atau sebagai alat untuk memuaskan kebutuha diri. Faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumtif termasuk motivasi, kepribadian, budaya, kelas sosial, gaya hidup, dan pengaruh dari kelompok referensi seperti keluarga, teman sebaya, dan lingkungan kerja, serta media sosial. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh media social, literasi keuangan sariah, dan self control terhadap perilaku konsumtif pada remaja akhir di Kabupaten Kudus. Jenis penelitian yang diterapkan dalam studi ini adalah penelitian lapangan atau field research. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif di mana jawaban terhadap masalah penelitian diperoleh melalui analisis data statistic yang diolah. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dan metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah Sampling Insidental. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah remaja akhir di Kabupaten Kudus yang berjumlah 100 orang. Selanjutnya data ini diolah menggunakan uji analisis regresi linier berganda dan dibantu aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan media social secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan besaran pengaruh 18,7%, literasi keuangan syariah secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan besaran 74,4%, self control secara parsial berpengaruh negative signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan besaran -3,8%. Sedangkan hasil media social, literasi keuangan syariah, dan self control secara simultan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif pada remaja akhir di Kabupaten Kudus sebesar 89,3%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRokhman, WahiburUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Sosial; Literasi Keuangan Syariah; Self Control; Perilaku Konsumtif
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam > Ekonomi Keuangan Islam
Ilmu-Ilmu Sosial > Ekonomi, Perekonomian > Keuangan Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Aug 2025 03:30
Last Modified: 28 Aug 2025 03:30
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14753

Actions (login required)

View Item View Item