Saputro, Nur Cokro (2024) Relevansi Konsep Etika Guru Dan Murid Dalam Kitab “Adabul ‘Alim Wal Muta’alim” Karya KH. Hasyim Asy’ari Terhadap Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Undergraduate thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (402kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (498kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (285kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (314kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalilis relevansi etika menurut ilmu dalam kitab Adabul Alim Wal Muta’allim Karya KH. Hasim Asy’ari Terhadap Model Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Dalam indikasi yang telah dicantumkan peneliti terhadap skripsinya Penelitian ini terfokus pada problematika murid sekarang yang minim dengan pendidikan akhlak. Melihat dari pacuan pendidikan yang ada di indonesia adalah kurikulum khususnya 2013 atau yang sering disebut K-13, peneliti ingin merelevansikan antara metode yang diterapkan K-13 dengan kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim yang dikarang oleh KH. Hasim Asy’ari dengan harapan murid memiliki etika yang baik dalam proses pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang dalam pengumpulan datanya banyak diperoleh melalui pengumpulan data-data yang terdapat dari berbagai literatur. teknik pengumpalan data yang dilakukan penulis adalah dengan cara mengunjungi dan meminjam buku di perpustakaan IAIN Kudus secara langsung, kemudian membaca buku melalui perpustakaan digital seperti Literasia, iPusnas, iJakarta, iJogja, dan iJateng. Selain itu, juga mencari referesi diberbagai situs yang tersedia di internet, mulai dari media sosial, google scholar, google book, moraref, publish & perish, dan lain sebagainya. Peneitian ini memiliki indeks Konsep Etika guru dan murid juga KH. Hasyim Asy’ari membahasnya dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim, selain itu Relevansi Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim relevan dengan Kurikulum 2013. Adapun konsep Etika Guru dan Murid yang ada pada kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim antara lain Etika Murid Terhadap Guru, Etika Guru Terhadap Murid, Etika Murid terhadap Ilmu dan Alat Untuk Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Etika, Murid, Guru, Kurikulum | ||||||
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Akhlak Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 08 Oct 2025 07:53 | ||||||
Last Modified: | 08 Oct 2025 07:53 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14821 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |