Peran Persepsi Risiko Dalam Memediasi Pengaruh Ketakutan Akan Kerugian Finansial, Kesadaran Merek, dan Merek Website Terhadap Niat Beli Online Melalui E-Commerce Shopee

Saputri, Fika Diana (2024) Peran Persepsi Risiko Dalam Memediasi Pengaruh Ketakutan Akan Kerugian Finansial, Kesadaran Merek, dan Merek Website Terhadap Niat Beli Online Melalui E-Commerce Shopee. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (376kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (418kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (442kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (585kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (585kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (535kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (315kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Persepsi Risiko Dalam Memediasi Pengaruh Ketakutan Akan Kerugian Finansial, Kesadaran Merek, dan Merek Website Terhadap Niat Beli Online Melalui E-Commerce Shopee. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probabilitas sebanyak 200 responden dari keseluruhan populasi generasi z muslim di Kabupaten Jepara yang menggunakan e-commerce shopee. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan aplikasi AMOS 24.0 sebagai alat untuk menghitung data yang diperoleh. Penelitian ini menggunakan 5 variabel. Variabel independen yaitu ketakutan akan kerugian finansial, kesadaran merek, dan merek website, sedangakan variabel dependen adalah niat beli online serta variabel mediasi yaitu persepsi risiko. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi risiko tidak mampu memediasi pengaruh ketakutan akan kerugian finansial terhadap niat beli online. Sedangkan kesadaran merek dan merek website berpengaruh negatif terhadap niat beli online dan persepsi risiko berhasil memediasi penuh pengaruh kesadaran merek dan merek website pada niat beli online. Pelaku usaha online perlu memperhatikan persepsi risiko negatif dalam berbelanja online agar dapat meminimalisir risiko yang ada. Dengan meminimalisir risiko tersebut maka produk atau e-commerce akan mendapat respon yang positif dari konsumen sehingga dapat meningkatkan niat beli konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSupriyanto, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Ketakutan Akan Kerugian Finansial, Kesadaran Merek, Merek Website, Persepsi Risiko, Niat Beli Online
Subjects: Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran

Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Perilaku Konsumen
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Oct 2025 04:38
Last Modified: 27 Oct 2025 04:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14867

Actions (login required)

View Item View Item