Implementasi Pembelajaran Kitab Akhlak Washaya Al-Aba’ Lil Abna’ dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyyah NU Tasywiquth Thullab Salafiyyah Kudus

Tantalana, Dzuha (2024) Implementasi Pembelajaran Kitab Akhlak Washaya Al-Aba’ Lil Abna’ dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyyah NU Tasywiquth Thullab Salafiyyah Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (220kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (208kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (443kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (225kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (866kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (194kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan pembelajaran kitab akhlak Washoya Al-Aba’ Lil Abna’ dalam pembentukan akhlak al-karimah peserta didik di MI NU TBS Kudus. (2) Problem pembelajaran kitab akhlak Washoya Al-Aba’ Lil Abna’ dalam pembentukan akhlak al-karimah peserta didik di MI NU TBS KuduS. (3) Solusi menghadapi problem dalam pelaksanaan pembelajaran kitab akhlak Washoya Al-Aba’ Lil Abna’ di MI NU TBS Kudus. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kulitatif Lokasi penelitian di Madrasah Ibtidaiyyah NU Tasywiquth Thullab Salafiyyah Kudus. Data diperoleh dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran kitab akhlak Washoya Al-Aba’ lil Abna’ di MI NU TBS Kudus ini diperuntukkan kepada kelas 4 yang mana materi yang diajarkan pada kitab akhlak Washoya Al-Aba’ lil Abna’ meliputi takwa kepada allah dan rasul, kewajiban terhadap kedua orang tua,hak dan kewajiban terhadap teman, cara menuntut ilmu,cara belajar dan berdiskusi dan lainnya. Pembelajaran kitab akhlak Washoya Al-Aba’ lil Abna’ di MI NU Tasywiquth Thullab Salafiyyah Kudus ini dilaksanakan dengan sistem membaca kitab, memaknai gandul dengan metode bandongan, atau juga sorogan sesuai metode yang dipakai oleh pengampu mata pelajaran tersebut.Adapun kaitan pembentukan akhlak al-karimah tersebut yakni pertama, harus adanya pemahaman mengenai materi. Kedua, adanya pembiasaan. Ketiga, adanya keteladanan,sehingga tertanam jiwa akhlak al-karimah. (2) Problem yang dihadapi variasi dalam pemahaman siswa serta variasi dalam membaca dan mengartikan kitab Washoya Al-Aba’ lil Abna’. Berkaitan dengan pembentukan akhlak meliputi faktor internal dan faktor ekternal yang mana faktor internal seperti kepribadian siswa, faktor eksternal dari lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. (3) Solusi dari problem yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran kitab Washoya Al-Aba’ lil Abna’ dalam pembentukan akhlak al-karimah siswa di Madrasah Ibtida’iyyah NU Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus yaitu guru atau pihak madrasah memberikan materi tambahan dan penyampaia pembelajaran memakai dua bahasa, yaitu bahasa jawa dan Indonesia. Pembentukan akhlak adanya pembiasaan dan latihan serta keteladanan baik di lingkungan sekolah, keluarga maupun masyarakat sehingga akhlak tersebut akan tertanam didalam jiwa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfferi, AdriUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDMahmudah, NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kitab Akhlak, Akhlak al-Karimah
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Modul Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Nov 2025 08:16
Last Modified: 06 Nov 2025 08:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14891

Actions (login required)

View Item View Item