Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Behavioral Melalui Teknik Role Playing Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Kelas X di SMK Al-Ishlah Pulokulon Grobogan

Rahmawati, Aulia Diyah (2024) Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Behavioral Melalui Teknik Role Playing Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Kelas X di SMK Al-Ishlah Pulokulon Grobogan. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (325kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (325kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (325kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (351kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (468kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (468kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (758kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (807kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (679kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (807kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (293kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (447kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (447kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (807kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui tinggi bullying peserta didik kelas X di SMK Al-Ishlah Pulokulon Grobogan sebelum dan sesudah diterapkannya layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training. 2) untuk mengetahui tinggi bullying peserta didik kelas X di 1SMK Al-Ishlah Pulokulon Grobogan sebelum dan sesudah diterapkannya layanan untuk konseling kelompok yang menggabungkan permainan peran. 3) untuk mengetahui apakah layanan konseling kelompok di SMK Al- Ishlah pulo kulon Grobogan memberikan dampak dalam menurunkan bulliying terhadap siswa dengan menggunakan metodologi assertive training dan role playing. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Setting penelitian ini yaitu di SMK Al-Ishlah Pulokulon Grobogan. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X yang berjumlah 295 peserta didik sedangkan sampel dalam penelitian ini berupa purposive sampling yang digunakan 14 peserta didik. Desain penelitian ini yaitu kelompok eksperiman dan kontrol. Definisi operasional variabel yaitu variabel bebas dan terikat adapun variabel terikat (X) yaitu layanan konseling kelompok teknik role playing, sedangkan variabel bebas (Y) yaitu bullying. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Untuk mengetahui layanan konseling kelompok dengan pendekatan manakah yang lebih efektif dalam mengurangi bullying peserta didik, hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Terdapat tiga hasil penelitian yang telah diperoleh yaitu hasil dari uji Wilcoxon diperoleh 1) Nilai pretest dengan rata-rata 133,57 dan nilai postest dengan rata-rata 87,00. Hasil asymp.sig (2 tailed) 0,018 dari nilai Sig. < 0,05, yang berarti terdapat Penurunan perilaku bulliying setelah penggunaan layanan konseling kelompok dan teknik Assertive Training. 2) nilai posttest memiliki rata-rata sebesar 66,00 sedangkan nilai pretest memiliki rata-rata ebesar 139, 86. Hasil Asymp. sig dua sisi sebesar 0, 018 dari nilai sig.<0,05, menunjukkan penurunan perilaku intimidasi setelah penggunaan teknik bermain peran dari layanan konseling kelompok. 3) Bullying peserta didik di SMK Al-Ishlah Pulokulon Grobogan diterapkannya Menurut urian penulis, dalam hal layanan konseling kelompok, teknik bermain peran sangat berbeda dengan pelatihan asertif. Nilai kata-kata layanan-konseling kelompok dengan pendekatan pelatihan asertif adalah sebesar 10, 21 sedangkan nilai rata- rata layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik role-playing adalah sebesar 4, 79. Hal ini menunjukkan bagaimana taktik bermain peran digunakan dalam konseling kelompok mempunyai penurunan signifikan di bandingkan kelompok assertive training

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIsmanto, IsmantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Layanan konseling kelompok teknik role playing dan bullying
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Nov 2025 07:57
Last Modified: 13 Nov 2025 07:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14928

Actions (login required)

View Item View Item