Analisis Strategi Pemasaran Syariah untuk Meningkatkan Jumlah Anggota pada Produk Simpanan Berjangka di Kspps Berkah Abadi Gemilang Jepara

Sa’diyah, Kholifatus (2024) Analisis Strategi Pemasaran Syariah untuk Meningkatkan Jumlah Anggota pada Produk Simpanan Berjangka di Kspps Berkah Abadi Gemilang Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (198kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Lembaga keuangan bukan bank diatur oleh Kementerian Keuangan dan Otoritas Pengawas Pasar Modal, termasuk asuransi, modal ventura, dana pensiun, koperasi, pegadaian, pembiayaan, dan pasar modal. Lembaga keuangan syariah seperti BMT, KJKS, dan KOPSYAH mengatasi tantangan lokal dan mendukung kewirausahaan. Salah satunya yaitu KSPPS yang mengelola zakat, infak/sedekah, wakaf, dan simpan pinjam sesuai prinsip syariah. Bank syariah menggunakan Wadiah dan Mudharabah untuk pembiayaan dan pengumpulan dana. Produk simpanan di KSPPS mencakup berbagai jenis simpanan untuk mendukung pengelolaan keuangan anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran syariah dalam meningkatkan jumlah anggota pada produk Simpanan Berjangka di KSPPS Berkah Abadi Gemilang Jepara, serta untuk mengevaluasi hasilnya. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan strategi pemasaran syariah yang digunakan dalam meningkatkan jumlah anggota pada produk tersebut. Penelitian ini menggunakan strategi penelitian deskriptif. Jenis pendekatan penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini adalah Kepala Pemasaran KSPPS Berkah Abadi Gemilang, Anggota simpanan berjangka, dan Marketing pemasaran menjadi subjek penelitian ini. Dan teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran syariah yang diterapkan oleh KSPPS Berkah Abadi Gemilang Jepara efektif dalam meningkatkan jumlah anggota produk simpanan berjangka. Melalui penerapan strategi marketing mix, segmentasi, targeting, dan positioning, KSPPS berhasil menarik minat anggota dengan produk simpanan berjangka yang aman dan menguntungkan. Selain itu, penerapan karakteristik pemasaran syariah, seperti berlandaskan ketuhanan, akhlaqiyyah, realistis, dan humanistis, juga memberikan dampak positif dalam memperoleh kepercayaan anggota

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRidwan, RidwanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemasaran Syariah; Produk Jumlah Simpanan Berjangka; KSPPS Berkah Abadi Gemilang Jepara
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan > Bank, Perbankan
Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Nov 2025 08:59
Last Modified: 18 Nov 2025 08:59
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14949

Actions (login required)

View Item View Item