Susilowati, Indriani (2016) INTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PROGRAM PENGENALAN LINGKUNGAN (STUDI KASUS DI SD MUHAMMADIYAH BIRRUL WALIDAIN KUDUS). Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
01 cover.pdf Download (960kB) |
|
Text
02 Abstrak.pdf Download (11kB) |
|
Text
04 daftar isi.pdf Download (15kB) |
|
Text
05 BAB I.pdf Download (35kB) |
|
Text
06 BAB II.pdf Download (296kB) |
|
Text
07 BAB III.pdf Download (51kB) |
|
Text
08 BAB IV.pdf Download (249kB) |
|
Text
09 BAB V.pdf Download (16kB) |
|
Text
10 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
Abstract
Program Pengenalan Lingkungan merupakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan alam yang bertujuan untuk menjadikan peserta didik peduli akan lingkungan dengan cara mengintegrasikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dengan mata pelajaran lain sehingga pembelajaran semakin bermakna dan membumi dalam diri peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Proses Integrasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, 2) Untuk memahami Faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan Integrasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. teknik pengumpualan data meliputi: wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun Sumber data penelitian meliputi sumber data primer yakni Kepala Sekolah, Wali kelas III A, Peserta didik Kelas III A, dan Guru Agama serta data sekunder meliputi dokumen dan arsip yang berhubungan dengan Integrasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui Program Pengenalan Lingkungan. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara uji kredibilitas data, uji transferability, uji dependability, uji confirmability. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Pelaksanaan Integrasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui Program Pengenalan Lingkungan meliputi tiga tahap yakni tutorial sebelum kegiatan, kemudian praktek ke lapangan yang dituju yakni Swalayan ADA, pabrik boneka, Salatiga, dan halaman sekolah, kemudian terakhir adalah tahap evaluasi atau feed back di kelas. 2) Faktor Penghambat proses Integrasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui Program Pengenalan Lingkungan adalah Kesiapan guru dalam menguasai metode dan materi, selain itu guru juga mengalami kesullitan dalam mengkondisikan peserta didik ketika mengikuti kegiatan Pengenalan Lingkungan sedangkan Faktor Pendukung proses Integrasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui Program Pengenalan Lingkungan meliputi Faktor Internal (Motivasi, Kondisi peserta didik dalam menerima materi di kelas, kemampuan mengaplikasikan materi) dan Faktor Eksternal (Perencanaan Penyelenggaraan Program Pengenalan Lingkungan, Kreatifitas guru, Dukungan dari Orang Tua, Dukungan secara Finansial) pada peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Integrasi; Nilai-nilai Agama Islam; Program Pengenalan Lingkungan |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Sekolah dan Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Dec 2016 07:10 |
Last Modified: | 04 Dec 2016 07:15 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/221 |
Actions (login required)
View Item |