PENERAPAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VI MI TAMRINUSSIBYAN I TENGGULI BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ROSYIDAH, SARI HANIK (2018) PENERAPAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VI MI TAMRINUSSIBYAN I TENGGULI BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (783kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (447kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (402kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (496kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (855kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (490kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (631kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (386kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui langkah-langkah penerapan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada mata pelajaran IPA di kelas VI MI Tamrinussibyan I Tengguli Bangsri Jepara Tahun pelajaran 2018/2019. (2) mengetahui sikap peduli lingkungan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada mata pelajaran IPA di kelas VI MI Tamrinussibyan I Tengguli Bangsri Jepara. (3) mengetahui sikap peduli lingkungan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan tidak menggunakan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada mata pelajaran IPA di kelas VI MI Tamrinussibyan I Tengguli Bangsri Jepara. (4) mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terhadap sikap peduli lingkungan peserta didik pada mata pelajaran IPA di kelas VI MI Tamrinussibyan I Tengguli Bangsri Jepara Tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan subjek penelitian peserta didik kelas VI MI Tamrinussibyan I Tengguli Bangsri Jepara, yaitu kelas A dan B. Kemudian diambil sampel sebesar 61 peserta didik menggunakan teknik Total sampling. Penelitian ini dibagi atas dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen-instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sikap peduli lingkungan peserta didik. Validitas instrumen pada penelitian ini menggunakan pendapat ahli (expert judgement). Dalam analisis ini peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif dan komparatif,yaitu menggunakan statistik nonparametris Chi Kuadrat satu sampel dan analisis statistik nonparametris dengan Chi Kuadrat dua sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Sikap peduli lingkungan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan STM pada mata pelajaran IPA di kelas VIB MI Tamrinussibyan I Tengguli Bangsri Jepara diperoleh nilai rata-rata sebesar 138 (dalam nilai interval 138-141) dan termasuk dalam kategori baik. 2) Sikap peduli lingkungan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan tidak menggunakan pendekatan STM pada mata pelajaran IPA di kelas VIA MI Tamrinussibyan I Tengguli Bangsri Jepara diperoleh nilai rata-rata sebesar 146 (dalam nilai interval 143-146) dan termasuk dalam kategori baik. 3) Ada perbedaan yang signifikan antara sikap peduli lingkungan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan STM dengan sikap peduli lingkungan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan tidak menggunakan pendekatan STM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM); Sikap peduli lingkungan; Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Apr 2019 02:13
Last Modified: 25 Apr 2019 02:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2410

Actions (login required)

View Item View Item