INTERNALISASI NILAI SIFAT SHIDDIQ NABI MUHAMMAD SAW MELALUI PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI SMP NEGERI 1 SARANG KABUPATEN REMBANG

AZIZ, SOFYAN (2018) INTERNALISASI NILAI SIFAT SHIDDIQ NABI MUHAMMAD SAW MELALUI PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI SMP NEGERI 1 SARANG KABUPATEN REMBANG. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
FILE 1 COVER Dll.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (409kB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (714kB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (442kB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (264kB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (599kB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)

Abstract

Latar belakang penelitian tesis ini adalah untuk mengantisipasi keberlangsungan budaya berbohong, dan membentuk kesadaran senantiasa bersikap jujur melalui kurikulum PAI berbasiskan pada internalisasi nilai-nilai sifat shiddiq Nabi Muhammad SAW. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui proses internalisasi nilai-nilai sifat Shiddiq Nabi Muhammad SAW dalam membentuk kejujuran peserta didik. 2) Untuk mengetahui desain pengembangan kurikulum PAI dalam proses internalisasi nilai-nilai sifat shiddiq Nabi Muhammad SAW sehingga membentuk sikap jujur siswa. Kerangka pemikiran yang melandasi penelitian ini adalah internalisasi nilai sifat shiddiq Nabi Muhammad SAW dilakukan melalui pengembangan kurikulum PAI sehingga membentuk sebuah desain pengembangan kurikulum PAI. Jenis penelitian naturalistic inquiry dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan informan adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, pelaporan data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah: 1) Proses internalisasi nilai sifat Shiddiq Nabi Muhammad SAW dalam membentuk kejujuran peserta didik melalui tiga tahap pelaksanaan yaitu tahap transformasi nilai berupa proses pemberian pengetahuan, tahap transaksi nilai berupa keteladanan dan pengkondisian, dan tahap ketiga yaitu tahap transinternalisasi berupa pembiasaan, konsistensi, reward and punishment, dan kegiatan ekstrakurikuler. 2) Desain pengembangan kurikulum PAI dalam proses internalisasi nilai sifat Shiddiq Nabi Muhammad SAW dalam membentuk sikap kejujuran peserta didik dibentuk melalui 3 pola integrasi yaitu integrasi program pengembangan diri yang terdiri dari pengembangan terprogram dan pengembangan terstruktur, integrasi dalam mata pelajaran dengan mencantumkan nilai jujur dalam silabus dan RPP untuk setiap kompetensi dasar mata pelajaran yang ada dalam struktur kurikulum, dan integrasi dalam budaya sekolah melalui kegiatan rutin, spontan, keteladanan, maupun pengkondisian.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi nilai; Sifat Shiddiq Nabi Muhammad SAW; Pengembangan Kurikulum PAI
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Apr 2019 04:00
Last Modified: 30 Apr 2019 04:00
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2466

Actions (login required)

View Item View Item