Akhlis, Noor (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM KURIKULUM 2013 DI MI NU BANAT KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. DAFTAR ISI.pdf Download (232kB) |
|
Text
3.ABSTRAK.pdf Download (189kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (276kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (591kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (245kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (399kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (90kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (257kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari beberapa materi pembelajaran yang ada di MU NU Banat Kudus, sebagian materi berupa mata pelajaran mulok, dan tematik yang merupakan salah satu mata pelajaran dalam menanamkan karakter. Karena MI NU Banat Kudus ini menerapkan kedisiplinan dan senantiasa mengarahkan siswa agar berakhlak lebih baik dari sebelumnya. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kulitatif, yakni jenis penelitian yang temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya, tapi dengan menggunakan paradigma naturalistik, yaitu penelitian yang dilaksanakan dalam konteks natural atau wajar, yang kemudian dapat memberikan kejelasan terhadap kenyataan atau realitas. Lokasi penelitian di MI NU Banat Kudus sebagai sumber data untuk mendapatkan potret manajemen pembelajaran muatan lokal di madrasah tersebut. Data tersebut diperoleh dengan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Semua data dianalisis dengan dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran tematik dalam meningkatkan karakter siswa MI NU Banat Kudus yaitu model pelaksanannya menyesuaikan materi, dan terkadang diskusi kelompok dengan mengembangkan aktivitas siswa yaitu siswa diharapkan banyak bertanya terutama dalam memahami materi ajar saat itu untuk memperluas materi. Selain itu mengamati, menanya, menalar, memahami materi, dan merespon sikap dengan baik. Hal ini diharapkan siswa dapat termotivasi untuk mengamati materi yang terdapat di sekitarnya, mencatat atau mengidentifikasi fakta, lalu merumuskan masalah yang ingin diketahuinya. Pada kegiatan ini guru mampu menyesuaikan materi pelajaran dengan berbagai metode supaya peserta didik tidak segera bosan serta guru menyesuaikan materi, serta memberikan contoh yang baik terkait materi yang dibahas. Dan pada akhirnya siswa diharapkan meneladani sikap-sikap baik yang terkandung dalam pembelajaran. (2) Pendidikan karakter pada pelaksanaan pembelajaran tematik dalam kurikulum 2013 di MI NU Banat Kudus yaitu guru merencanakan adanya peraturan-peraturan. Karena dengan perencanaan ini, pembelajaran yang akan dilakukan bisa terkontrol dan berjalan dengan baik. Peningkatan pembelajaran dalam rangka pendidikan karakter siswa yaitu siswa senantiasa diberi arahan baik atau memberi contoh yang baik sebagai cara dalam menanamkan pendidikan karakter. Selain itu pengarahan dan memberikan contoh sikap yang baik kepada siswa agar tidak melanggar peraturan dan mampu mengikutinya. Begitu juga penanaman kedisiplinan waktu, rasa kebersamaan, jujur, sopan, saling membantu antar teman yang dapat menjadikan siswa tergugah dan mau mengambil sikap atas contoh tersebut. (3) Nilai-nilai yang dikembangkan dalam pembelajaran tematik di MI NU Banat Kudus yaitu nilai kebersamaan dan kerjasama antar teman saat ada tugas, nilai kedisiplinan dalam berbagai hal, nilai kejujuran dan kebersamaan apabila interaksi dengan teman atau orang lain, nilai persatuan dengan teman di kelasnya, nilai kerukunan, nilai kesopanan terhadap semua orang dan nilai kebersamaan dalam menjunjung kreatifitas atau kelompok. Nilai-nilai tersebut bertujuan agar siswa mampu mengembangkan kreatifitasnya dalam pembelajaran dan dilakukan dengan kontinyu atau dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari agar karakter siswa dapat terbentuk dengan baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan karakter; pembelajaran tematik; kurikulum 2013 |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 08 May 2019 02:38 |
Last Modified: | 08 May 2019 02:38 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2527 |
Actions (login required)
View Item |