Ibrohim, Moch (2018) STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR DAN BERSOSIAL PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NU ISTIQLAL PLOSO JATI KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER_to.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK_to.pdf Download (70kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI_to.pdf Download (80kB) |
|
Text
04 BAB 1_to.pdf Download (88kB) |
|
Text
05 BAB II_to.pdf Download (136kB) |
|
Text
06 BAB III_to.pdf Download (97kB) |
|
Text
07 BAB IV_to.pdf Download (195kB) |
|
Text
08 BAB V_to.pdf Download (76kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA_to.pdf Download (74kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian survey lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun lokasi penelitiannya sendiri adalah di Madrasah Ibtidaiyah NU Istiqlal Ploso Jati Kudus. Penelitian ini bermaksud melihat secara nyata perilaku siswa di Madrasah Ibtidaiyah NU Istiqlal Ploso jati Kudus. Fokus penelitian ini dijabarkan menjadi pertanyaan; 1) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah NU istiqlal Ploso Jati Kudus tahun pelajaran 2017/2018?; 2) Bagaimana Penerapan Keterampilan Berpikir dan Bersosial pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah NU Istiqlal Ploso Jati Kudus tahun pelajaran 2017/2018?; 3).Bagaimana Strategi Pembelajaran Tematik dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir dan Bersosial pada mata pelajaran Aqidah akhlak di MI NU Istiqlal Ploso Jati Kudus tahun ajaran 2017/2018? Dari hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: Pertama, proses pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlaq di Madrasah Ibtidaiyah NU Istiqlal Ploso Jati Kudus menggunakan pembelajaran tematik dan dikombinasikan dengan pembelajaran biasa dengan menggunakan metode campuran agar menjadikan siswa dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara utuh dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir dan bersosial. Kedua, penerapan Keterampilan berpikir pada pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah NU Istiqlal Ploso Jati Kudus menggunakan pembelajaran tematik cukup efektif karena dalam prakteknya ketika siswa disuruh untuk menyimpulkan dan mengklarifikasi masih ada beberapa siswa yang masih kesulitan untuk memahaminya dan keterampilan bersosialnya sangat meningkat. Ketiga, Penerapan strategi pembelajaran tematik dalam meningkatkan keterampilan berpikir dan bersosial siswa di MI NU Istiqlal Ploso Jati Kudus menggunakan pendekatan melalui pengalaman belajar baik didalam kelas maupun diluar kelas. Adapun saran yang dapat penulis ajukan kepada pihak madrasah, yaitu MI NU Istiqlal Ploso Jati Kudus, agar lebih meningkatkan strategi belajar dan mengajarnya dalam memerhatikan dan membimbing siswanya terutama pada keterampilan berpikirnya supaya keterampilan berpikirnya lebih meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Tematik, Keterampilan Berpikir dan Bersosial, Aqidah Akhlaq |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 19 Jun 2020 04:00 |
Last Modified: | 19 Jun 2020 04:00 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2976 |
Actions (login required)
View Item |