PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MI KEDUNGOMBO KECAMATAN MAYONG KABUPATEN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Khoiruzzadit Taqwa, Muhammad (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MI KEDUNGOMBO KECAMATAN MAYONG KABUPATEN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (716kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (278kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (454kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (490kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (460kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (826kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (281kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (368kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran VAK (visual, auditory, kinesthetic) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Inggris di Mi Kedungombo Mayong Jepara. 2). Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran Bahasa Inggris di MI Kedungombo Mayong Jepara. 3). Untuk mengetahui berapa besar pengaruh model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran Bahasa Inggris di MI Kedungombo Mayong Jepara Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis peneliti gunakan adalah penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara penyebaran angket dan melakukan tes hasil belajar siswa kelas V di MI Kedungombo sebanyak 29 siswa. Metode analisis regresi ganda dengan bantuan program olah data SPSSversi 16.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata model pembelajaran visual, auditory, kinesthetic (vak) sebesar 42,68 yang termasuk dalam kategori “Cukup” karena terletak pada interval 42-48. Hal ini berarti pelaksanaan model pembelajaran visual, auditory, kinesthetic (vak) dalam proses pembelajaran bahasa Inggris yang dilakukan oleh guru mata pelajaran bahasa Inggris di MI Kedungombo Mayong Jepara dapat berlansung dengan cukup baik. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas V sebesar 50,34 termasuk dalam kategori “Baik” terletak pada interval 48-61. Jadi, model pembelajarn visual, auditory, kinesthetic (vak) memberikan kontribusi sebesar 62,6% rerhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung variabel model pembelajaran visual, auditory, kinesthetic (VAK) sebesar 6,717 lebih besar dari ttabel (2,051) maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran visual, auditory, kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar siswa diterima. Artinya, model pembelajaran visual. Auditory, kinesthetic (VAK) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Inggris di MI Kedungombo Mayong Jepara Tahun 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK), Hasil Belajar, MI Kedungombo
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Jun 2020 06:12
Last Modified: 20 Jun 2020 06:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2987

Actions (login required)

View Item View Item