Lina, Faradilla Nurul (2019) Pengaruh Perilaku Disiplin dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER_to.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK_to.pdf Download (70kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI_to.pdf Download (75kB) |
|
Text
04 BAB I_to.pdf Download (95kB) |
|
Text
05 BAB II_to.pdf Download (298kB) |
|
Text
06 BAB III_to.pdf Download (317kB) |
|
Text
07 BAB IV_to.pdf Download (419kB) |
|
Text
08 BAB V_to.pdf Download (130kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA_to.pdf Download (71kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku disiplin terhadap prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus, pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus, serta pengaruh perilaku disiplin dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, karena bentuk penelitiannya dilakukan dengan menggunakan data yang berbentuk angka-angka. Populasi mencakup seluruh siswa kelas VII MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Adapun teknik pengambilan sampling peneliti menggunakan teknik random sampling (sampling acak). Peneliti mengambil sampel 25% dari 280 yaitu 70 siswa. Dari 70 siswa yang akan diambil sampel secara obyektif, maka peneliti akan mengambil 25% responden dari jumlah keseluruhan yang ada disetiap kelas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara perilaku disiplin dengan prestasi belajar kelas VII mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus, dengan hasil koefisien korelasi diperoleh R square sebesar 83%. Dan hasil tthitung lebih besar dari ttabel (2,787 > 1,66792) serta ditunjukkan dengan nilai signifikansi (0,007 < 0,05), maka Ha diterima atau Ho ditolak. Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar kelas VII mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus, dengan hasil koefisien korelasi diperoleh R square sebesar 54%. Dan hasil tthitung lebih besar dari ttabel (2,337 > 1,66792) serta ditunjukkan dengan nilai signifikansi (0,022 < 0,05), maka Ha diterima atau Ho ditolak. Terdapat pengaruh yang signifikan antara perilaku disiplin dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar kelas VII mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus, dengan hasil koefisien determinasi diperoleh R square sebesar 15,2%. Dan hasil Fobservasi lebih besar dari Ftabel (5,994 > 3,13) maka Ha diterima atau Ho ditolak, serta ditunjukkan dengan nilai signifikansi (0.004 < 0.05) berarti signifikan. Jadi, secara uji Fobservasi terdapat hubungan yang positif & signifikan dengan prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin, Motivasi, Prestasi Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 01 Jul 2020 02:16 |
Last Modified: | 01 Jul 2020 02:16 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3057 |
Actions (login required)
View Item |