Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Fikih Di MA NU Nurul ‘Ulum Jekulo Kudus

Khotijah, Siti (2019) Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Fikih Di MA NU Nurul ‘Ulum Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER_to.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK_to.pdf

Download (242kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI_to.pdf

Download (201kB)
[img] Text
04. BAB I_to.pdf

Download (299kB)
[img] Text
05. BAB II_to.pdf

Download (425kB)
[img] Text
06. BAB III_to.pdf

Download (443kB)
[img] Text
07. BAB IV_to.pdf

Download (496kB)
[img] Text
08. BAB V_to.pdf

Download (138kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA_to.pdf

Download (235kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kecerdasan interpersonal bagi siswa, karena dalam pembelajaran siswa diharapkan mampu berinteraksi dalam pembelajaran yaitu dapat mengeluarkan pendapat dan bertukar pendapat dengan teman yang lainnya maupun dengan guru. Sehingga peneliti menggunakan model pembelajaran telaah yurisprudensi sebagai model yang dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pengaruh implementasi model pembelajaran telaah yurisprudensi terhadap kecerdasan interpersonal siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran telaah yurisprudensi pada Kelas XI IPS 1 MA NU Nurul ‘Ulum Jekulo Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis pre-experimental design, menggunakan bentuk one group pretest posttest design. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rancangan pre test dan post test. Dalam rancangan tersebut perlakuan dilakukan pada satu kelas dengan dua jenis pembelajaran yang berbeda antara pembelajaran pertama dan kedua. Pembelajaran yang pertama pembelajaran secara konvensional dan pembelajaran kedua menggunakan model pembelajaran telaah yurisprudensi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan t-test. Hasil perhitungan t-test melalui hasil angket sebelum dan setelah pelaksanaan model pembelajaran telaah yurisprudensi terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t-test diperoleh angka dengan perbandingan thitung lebih besar dari ttabel (5,695 > 2,000).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi, Kecerdasan Interpersonal
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Jul 2020 06:56
Last Modified: 27 Jul 2020 06:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3103

Actions (login required)

View Item View Item