Maslichun, Ahmad (2019) Implementasi Pembelajaran Ice Breaker Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Shalat Berjama’ah Siswa Kelas III SDIT Umar Bin Khathab Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER_to.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK_to.pdf Download (70kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI_to.pdf Download (80kB) |
|
Text
04 BAB I_to.pdf Download (188kB) |
|
Text
05 BAB II_to.pdf Download (322kB) |
|
Text
06 BAB III_to.pdf Download (107kB) |
|
Text
07 BAB IV_to.pdf Download (213kB) |
|
Text
08 BAB V_to.pdf Download (78kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA_to.pdf Download (77kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pembelajaran Ice Breaker pada mata Pelajaran PAI Kelas III SDIT Umar Bin Khathab Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019; 2) Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Pembelajaran Ice Breaker Pada Mata Pelajaran PAI Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Shalat Berjama’ah Siswa Kelas III SDIT Umar Bin Khathab Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019: 3) Dampak Implementasi Pembelajaran Ice Breaker Pada Mata Pelajaran PAI Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Shalat Berjama’ah Siswa Kelas III SDIT Umar Bin Khathab Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara terhadap instansi terkait yaitu SDIT Umar Bin Khathab Kudus mengenai Pembelajaran Ice Breaker kemudian observasi dan dokumentasi. Setelah peneliti memasuki objek penelitian yakni SDIT Umar Bin Khathab Kudus, sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Aktivitas yang dilakukan yakni terkait dengan suasana proses Pembelajaran Ice Breaker Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Shalat Berjama’ah Siswa Kelas III SDIT Umar Bin Khathab Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini sebagai berikut, Pertama:Pelaksanaan Pembelajaran Ice Breaker meliputi beberapa tahap: a. Kegiatan pendahuluan: 1) Hening; 2) Apersepsi. b. Kegiatan inti: 1) Membangun komunitas (eksplorasi); 2) Penemuan konsep dan cooperatif learning (elaborasi); 3) Feed back, reinforcement (konfirmasi). c. Kegiatan penutup: 1) Evaluasi; 2) Refleksi. Kegiatan pembelajaran yang diterapkan oleh guru yang mengampu mata pelajaran PAI SDIT Umar Bin Khathab Kudus sudah sesuai dengan teori Pembelajaran Ice Breaker Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Shalat Berjama’ah Siswa Kelas III SDIT Umar Bin Khathab Kudus dan melakukan pengembangan dalam prosesnya. Kedua: : Kedisiplinan Shalat Berjama’ah Siswa Kelas III SDIT Umar Bin Khathab Kudus yang dilakukan di Mushola Sekolah dengan melakukan shalat berjama’ah, adapun yang melanggar akan dikenakan konsekuensi sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Ice Breaker, Kedisiplinan Shalat Berjama’ah Siswa Kelas III SDIT Umar Bin Khathab Kudus, Kajian PAI |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 11 Aug 2020 02:28 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 02:28 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3116 |
Actions (login required)
View Item |