Implementasi Pedekatan Ananlisis Nilai Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Logis Peserta didik pada Mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Ma’ahid Kudus Tahun Pelajaran, Program S.1 Fakultas Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Kudus, 2019

Chasanah, Siti (2019) Implementasi Pedekatan Ananlisis Nilai Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Logis Peserta didik pada Mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Ma’ahid Kudus Tahun Pelajaran, Program S.1 Fakultas Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Kudus, 2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (20MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Penerapan Pendekatan Analisis Nilai Dalam meningkatkan berfikir logis peserta didik pada mata ppelajaran Aqidah Akhlak di MTs Ma’ahid Kudus.; 2) Faktor yang mendorong dan menghambat Pendekatan Analisis Nilai pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Ma’ahid Kudus. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara terhadap instansi terkait yaitu MTs Ma’ahid Kudus, mengenai implementasipendekatan Analisis Nilai, kemudian observasi dan dokumentasi. Setelah peneliti memasuki objek penelitian yakniMTs Ma’ahid Kudus, sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Aktivitas yang dilakukan yakni terkait dengan suasana proses pembelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII, dan penerapan Pendekatan Analisis Nilai Dalam meningkatkan Kemampuan Berfikir Logis pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Hasil penelitian ini sebagai berikut : 1) Pedekatan Ananlisis Nilai Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Logis Peserta didik pada Mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Ma’ahid Kudus berdasarkan hasil penelitian adalah baik. Hal ini dibuktikan dengan pemahaman peserta didik dalam belajar, dengan adanya pendekatan Analisis Nilai , pesera didik siswa diarahkan oleh guru, dan guru menjelaskan materi kepada siswa dengan procedural dan deklaratif . Sebagian besar guru yang telah menggunakan interaksi belajar mengajar, yang didukung juga dengan fasilitas-fasilitas dan media belajar yang lengkap sesuai kebutuhan, seperti perpustakaan, mushola, ruang kelas, serta LCD Proyektor dan speaker pada setiap kelas.;2) Penerapan Pedekatan Ananlisis Nilai Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Logis Peserta didik pada Mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Ma’ahid Kudus berdasarkan hasil penelitian adalah baik. Berdasarkan faktor yang mendorong yaitu tingkat intelegensi peserta didik yang baik, adanya kreativitas peserta didik, dan fasilitas pembelajaran yang mendukung, sedangkan faktor yang menghambatnya yaitu adanya kurang perhatian dari pihak keluarga pesera didik, tetapi semua hal itu dapat diatasi guru dengan meningkatkan pemahaman belajar pesera didik. Guru dapat memaksimalkan potensi peserta didik yang selalu ikut aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Analisis Nilai, meningkatkan berfikir logis, mata pelajaran Aqidah Akhlak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Aug 2020 02:47
Last Modified: 11 Aug 2020 02:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3119

Actions (login required)

View Item View Item