Hadi, Sholichul (2019) Inovasi Model Pengajaran Berbasis Karakter dalam Meningkatkan Ketaatan dan Kepatuhan pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa MTs NU Demak Tahun Pelajaran 2017/2018. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. Cover-Kata Pengantar_to.pdf Download (590kB) |
|
Text
02. Abstrak_to.pdf Download (251kB) |
|
Text
03. Daftar Isi_to.pdf Download (243kB) |
|
Text
04. BAB I_to.pdf Download (438kB) |
|
Text
05. BAB II_to.pdf Download (953kB) |
|
Text
06. BAB III_to.pdf Download (297kB) |
|
Text
07. BAB IV_to.pdf Download (707kB) |
|
Text
08. BAB V_to.pdf Download (264kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA_to.pdf Download (382kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengajaran berbasis karakter mata pelajaran Akidah Akhlak pada siswa MTs NU Demak tahun pelajaran 2017/2018, 2) Untuk mengetahui ketaatan dan kepatuhan pada mata pelajaran Akidah Akhlak siswa MTs NU Demak tahun pelajaran 2017/2018, 3) Untuk mengetahui inovasi model pengajaran berbasis karakter dalam meningkatkan ketaatan dan kepatuhan pada mata pelajaran Akidah Akhlak siswa MTs NU Demak tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di MTs NU Demak. Jenis penelitian ini adalah kualitatif naturalistik dimana penelitian terjadi secara alamiah, apa adanya, dalam situasi normal yang tidak dimanipulasi keadaan dan kondisinya, serta menekankan pada deskripsi secara alami. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan library research dengan informan meliputi kepala madrasah, guru, dan siswa. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, pelaporan data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pengajaran berbasis karakter mata pelajaran Akidah Akhlak pada siswa MTs NU Demak tahun pelajaran 2017/2018 dikategorikan efektif. Hal ini dibuktikan: a) adanya guru-guru dalam memberikan materi sudah sesuai dengan visi, misi, dan tujuan pengelola pendidikan yaitu unggul dalam prestasi, santun dalam budi pekerti, serta peduli lingkungan, b) Madrasah memiliki buku-buku yang menunjang dalam pembentukan karakter sesuai dengan visi, misi, dan tujuan madrasah, c) Dalam proses pembelajaran guru-guru sangat menekankan terhadap pembentukan karakter peserta didiknya. 2) Ketaatan dan kepatuhan pada mata pelajaran Akidah Akhlak siswa MTs NU Demak tahun pelajaran 2017/2018 secara umum dikategorikan signifikan. Hal ini dibuktikan: a) Adanya kedisplinan dalam melaksanakan tata tertib madrasah, melaksanakan shalat berjamaah, hormat terhadap tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta sesama peserta didik, b) Dalam hal ibadah peserta didik aktif melaksanakan shalat dhuhur berjamaah, shalat dhuha, mengikuti kegiatan-kegiatan keagamaan, dan takdhim kepada para guru, c) Dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) peserta didik sudah mencapai nilai KKM, hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata pada mata pelajaran Akidah Akhlak: 82. 3) Inovasi model pengajaran berbasis karakter dalam meningkatkan ketaatan dan kepatuhan pada mata pelajaran Akidah Akhlak siswa MTs NU Demak tahun pelajaran 2017/2018 dikategorikan efektif dan signifikan. Hal ini dibuktikan sebagaimana uraian kesimpulan nomor 1 dan nomor 2, dan dibuktikan dengan nilai rata-rata mata pelajaran Akidah Akhlak: 82 di atas nilai rata-rata KKM: 75.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengajaran Berbasis Karakter, Ketaatan dan Kepatuhan, Akidah Akhlak |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 13 Aug 2020 04:30 |
Last Modified: | 13 Aug 2020 04:30 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3160 |
Actions (login required)
View Item |