Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Siswa di MI NU Basyirul Anam Jati Wetan Jati Kudus Tahun Ajaran 2018/2019

Nadzifah, Fitrotun (2019) Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Siswa di MI NU Basyirul Anam Jati Wetan Jati Kudus Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (19MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui cara mengidentifikasi siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca di MI NU Basyirul Anam Jati Wetan Jati Kudus (2) untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar membaca siswa di MI NU Basyirul Anam Jati Wetan Jati Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dimana pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, yaitu penelitian yang menggambarkan secara sistematis mengenai fakta-fakta yang ditemukan di lapangan yang bersifat verbal dan tidak berupa angka-angka dengan subjek penelitian kepala madrasah, guru kelas, dan siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca di MI NU Basyirul Anam Jati Wetan Jati Kudus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Identifikasi kesulitan belajar membaca yang dilakukan oleh guru kelas yaitu melalui tes membaca individu, melakukan observasi ketika pembelajaran, serta menandai siswa yang diduga mengalami kesulitan belajar membaca di MI NU Basyirul Anam Jati Wetan Jati Kudus. Melalui proses identifikasi kesulitan belajar membaca tersebut, dapat diketahui ada delapan siswa yang masih mengalami kesulitan belajar membaca dengan kesulitan membaca yang beragam. Kesulitan membaca yang dialami siswa meliputi: siswa masih mengeja dari huruf perhuruf, membacanya belum lancar masih harus dituntun oleh guru, masih sering salah mengucapakan kata yang dibaca. sering melakukan penghilangan atau penggantian kat , masih kesulitan untuk melafalakan kata yang dibaca dan jarak antara pelafalan antar kata yang diucapkan cenderung lama. (2) Upaya yang dilakukan oleh guru kelas meliputi: memberikan jam tambahan kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca setiap pulang sekolah sesuai dengan strategi guru kelas masing-masing, melakukan pendekatan individu terhadap siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca, memberikan tugas dan PR agar siswa lebih memahami materi pelajaran, serta melakukan komunikasi dengan orang tua sebagai bentuk kerja sama antara orang tua dengan guru dalam mengatasi masalah kesulitan belajar membaca yang dialami siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Kesulitan Belajar Membaca, Siswa MI
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Sep 2020 07:28
Last Modified: 18 Sep 2020 07:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3287

Actions (login required)

View Item View Item