Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas VIII Unggulan di MTs NU Nurul Huda Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020

Khasanah, Cicik Nurul (2019) Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas VIII Unggulan di MTs NU Nurul Huda Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (302kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (289kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (449kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (560kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (444kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (792kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (267kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB)

Abstract

Permasalahan dari penelitian ini adalah: Adakah pengaruh pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VIII unggulan di MTs NU Nurul Huda Kudus tahun pelajaran 2019/2020. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT terhadap motivasi belajar siswa. Jenis Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) yaitu sebuah studi penelitian yang langsung dilakukan dilapangan atau pada responden. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang di gunakan penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi linier sederhana. Peneliti melakukan studi lapangan di MTs NU Nurul Huda Kudus. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII unggulan dengan mengambil sampel sebanyak 70 responden yaitu kelas VIII –G unggulan dan kelas VIII-I unggulan. Analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan bantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VIII unggulan di MTs NU Nurul Huda Kudus tahun pelajaran 2019/2020 hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang telah dianalisis, dari hasil analisis didapatkan perhitungan diperoleh Freg lebih besar dari Ftabel yaitu Freg 69,915 jika dibandingkan dengan nilai Ftabel pada taraf signifikan 5% sebesar 3,97 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VIII unggulan di MTs NU Nurul Huda Kudus tahun pelajaran 2019/2020. Sehingga variabel pengaruhnya sebesar 50,69% dari (0,712)2 x 100% = 0,506944 x 100% = 50,6944 sedangkan sisanya 100% - 50,69% = 49,31% adalah pengaruh variabel lain yang belum diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Berbasis ICT, Motivasi Belajar, Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Sep 2020 12:01
Last Modified: 30 Sep 2020 12:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3315

Actions (login required)

View Item View Item