Pengaruh Self Esteem dan Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Asertif Siswa Madrasah Aliyah Sabilul Ulum Mayong Jepara Tahun Ajaran 2019/2020

Cahyani, Gita Indah (2019) Pengaruh Self Esteem dan Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Asertif Siswa Madrasah Aliyah Sabilul Ulum Mayong Jepara Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (218kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (373kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (441kB)
[img] Text
6. BAB III .pdf

Download (549kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (550kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (217kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (357kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui tingkat self esteem siswa yang dapat mempengaruhi perilaku asertif siswa di MA Sabilul Ulum Mayong Jepara tahun pelajaran 2019/2020, (2) untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa yang dapat mempengaruhi perilaku asertif siswa di MA Sabilul Ulum Mayong Jepara tahun pelajaran 2019/2020, (3) untuk mengetahui pengaruh self esteem dan kecerdasan emosional terhadap perilaku asertif siswa di di MA Sabilul Ulum Mayong Jepara tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian field research (penelitian lapangan) yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mencari data di lapangan yang menjadi objek penelitian. Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini peneliti melakukan studi lapangan di Madrasah Aliyah Sabilul Ulum Mayong Jepara, dengan jumlah sampel sebanyak 71 responden. Cara pengambilan sampelnya dengan menggunakan teknik random sampling. Dalam analisis ini peneliti menggunakan analisis statistik yaitu metode regresi linier berganda. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) self esteem berpengaruh terhadap perilaku asertif siswa di MA Sabilul Ulum Mayong Jepara tahun pelajaran 2019/2020 dimana self esteem (X1) memperoleh nilai thitung > ttabel (8,548 > 1,995), dan nilai 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa self esteem berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku asertif siswa Madrasah Aliyah Sabilul Ulum Mayong Jepara. (2) kecerdasan emosional berpengaruh terhadap perilaku asertif siswa di MA Sabilul Ulum Mayong Jepara tahun pelajaran 2019/2020 dimana kecerdasan emosional (X2) memperoleh nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (4,297 > 1,995) dan nilai 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku asertif siswa Madrasah Aliyah Sabilul Ulum Mayong Jepara. (3) adanya pengaruh self esteem dan kecerdasan emosional terhadap perilaku asertif siswa di MA Sabilul Ulum Mayong Jepara tahun pelajaran 2019/2020 dimana diperoleh nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (52,562 > 3,13) dan nilai sig 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti self esteem dan kecerdasan emosional berpengaruh secara simultan terhadap perilaku asertif siswa di MA Sabilul Ulum Mayong Jepara tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Self Esteem, Kecerdasan Emosional, dan Perilaku Asertif.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Oct 2020 03:03
Last Modified: 02 Oct 2020 03:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3322

Actions (login required)

View Item View Item