Zakiyah, Risa Fatma (2019) Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Tahfidzul Qur’an Putri Raudlatul Falah Bermi Gembong Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1 COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (340kB) |
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (525kB) |
|
Text
4 BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
5 bab ii.pdf Download (3MB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Download (3MB) |
|
Text
8 BAB V (edit).pdf Download (523kB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (385kB) |
Abstract
Skripsi ini disusun dengan beberapa rumusan masalah diantaranya : (1) Apa yang melatar belakangi berdirinya SMP Islam Tahfidzul Qur’an Putri Raudlatul Falah? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran di SMP Islam Tahfidzul Qur’an Raudlatul Falah? (3) Bagaimana model pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP islam Tahfidzul Qur’an Putri Raudlatul Falah? Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Mengenal lebih dekat SMP Islam Tahfidzul Qur’an Putri Raudlatul Falah. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan berbasis pesantren pada jenjang SMP di SMP Islam Tahfidzul Qur’an Putri Raudlatul Falah. (3) Mengetahui proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Tahfidzul Qur’an Putri Raudlatul Falah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field research. Field research yaitu suatu penelitian dimana penelitian terjun langsung ke lapangan untuk mencari bahan-bahan yang mendekati kebenaran. Pengumpulan data mengenai model pembelajaran PAI di SMP Islam Tahfidzul Qur’an Raudlatul Falah melalui teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan beberapa informan yang dianggap sesuai dan dapat memberikan data sesuai dengan kebutuhan peneliti, yaitu pelaksana umum I dan II, guru PAI, dan TU. Setelah data mengenai model pembelajaran terkumpul, dilakukan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi untuk mengetahui viliditas dan reabilitas data mengenai model pembelajaran PAI di SMP Islam Tahfidzul Qur’an Putri Raudlatul Falah. Setelah uji reabilitas data tersebut maka langkah berikutnya yakni menganalisis data mengenai model pembelajaran PAI di SMP Islam Tahfidzul Qur’an Raudlatul Falah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Islam Tahfidzul Qur’an Putri Raudlatul Falah menggunakan model pembelajaran PAI dengan sistem integrasi. SMP didirikan dengan dasar pendidikan pesantren, yakni dengan memadukan dua keunggulan dari dua lembaga pendidikan sekolah dan pesantren. Kurikulum yang diterapkan yakni menggunakan kurikulum berbasis pesantren yang berciri khusus hafalan Al-Qur’an dan Kitab Kuning, kurikulum Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, dan kurikulum Kementrian Agama Republik Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 23 Dec 2020 02:36 |
Last Modified: | 23 Dec 2020 02:36 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3378 |
Actions (login required)
View Item |