Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match Dengan Metode Konvensional Terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII Di SMP NU Assalam Karangnongko Nalumsari Jepara Tahun 2018/2019

Anggraini, Fria (2019) Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match Dengan Metode Konvensional Terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII Di SMP NU Assalam Karangnongko Nalumsari Jepara Tahun 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1 COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (282kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (686kB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 Bab IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (455kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (586kB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran PAI salah satunya adalah mata pelajaran fiqih. Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian ini secara umum untuk: mengetahui perbedaan yang signifikan pemahaman siswa yang menggunakan metode make a match dengan pemahaman siswa yang tidak menggunakan make a match pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di SMP NU As-Salam?. Jenis penelitian yang digunakan yaitu field research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen yang dilakukan peneliti menggunakan desain True Experimental Design dengan bentuk Posttes-Only Control Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode make a match berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pemahaman siswa kelas VIII A pada mata pelajaran fiqih di SMP NU Assalam. Hal ini berdasarakan hasil hitungan uji t (independent t test) dimana thitung > ttabel yaitu 3,789 > 2,015 dan diperoleh Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. 3) Pemahaman siswa yang diterapkan metode make a match lebih baik daripada pemahaman siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini sesuai dengan nilai rata-rata sebesar 84,13 karena termasuk kedalam interval 84 – 90 yang mempunyai kategori “tinggi” dan lebih baik dibandingkan dengan nilai rata-rata pemahaman siswa kelas kontrol sebesar 74,65 karena termasuk kedalam interval 68 – 75 yang mempunyai kategori “sedang”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Make a Match, Metode Konvensional, Pemahaman Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Jan 2021 01:48
Last Modified: 05 Jan 2021 01:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3382

Actions (login required)

View Item View Item