Anggraini, Fria (2019) Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match Dengan Metode Konvensional Terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII Di SMP NU Assalam Karangnongko Nalumsari Jepara Tahun 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1 COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (282kB) |
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (686kB) |
|
Text
4 BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (4MB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
7 Bab IV.pdf Download (3MB) |
|
Text
8 BAB V.pdf Download (455kB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (586kB) |
Abstract
Model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran PAI salah satunya adalah mata pelajaran fiqih. Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian ini secara umum untuk: mengetahui perbedaan yang signifikan pemahaman siswa yang menggunakan metode make a match dengan pemahaman siswa yang tidak menggunakan make a match pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di SMP NU As-Salam?. Jenis penelitian yang digunakan yaitu field research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen yang dilakukan peneliti menggunakan desain True Experimental Design dengan bentuk Posttes-Only Control Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode make a match berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pemahaman siswa kelas VIII A pada mata pelajaran fiqih di SMP NU Assalam. Hal ini berdasarakan hasil hitungan uji t (independent t test) dimana thitung > ttabel yaitu 3,789 > 2,015 dan diperoleh Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. 3) Pemahaman siswa yang diterapkan metode make a match lebih baik daripada pemahaman siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini sesuai dengan nilai rata-rata sebesar 84,13 karena termasuk kedalam interval 84 – 90 yang mempunyai kategori “tinggi” dan lebih baik dibandingkan dengan nilai rata-rata pemahaman siswa kelas kontrol sebesar 74,65 karena termasuk kedalam interval 68 – 75 yang mempunyai kategori “sedang”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Make a Match, Metode Konvensional, Pemahaman Siswa |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 05 Jan 2021 01:48 |
Last Modified: | 05 Jan 2021 01:48 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3382 |
Actions (login required)
View Item |