MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MASA PANDEMI COVID – 19 DI SD ISLAM AL FURQON REMBANG

Rusmiyati, Siti (2020) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MASA PANDEMI COVID – 19 DI SD ISLAM AL FURQON REMBANG. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (388kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (412kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (419kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (821kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (424kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (625kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (383kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif, sesuai dengan objek kajian maka penelitian ini adalah penelitian lapangan yang mencoba mendeskripsikan gambaran manajemen perencanaan pendidikan karakter pada pandemi COVID-19 di SD Islam Al Furqon Rembang, manajemen pengorganisasian pendidikan karakter pada masa pandemi Covid -19 di SD Islam Al Furqon Rembang, manajemen pelaksanaan pendidikan karakter pada masa pandemi COVID-19 di SD Islam Al Furqon Rembang, manajemen evaluasi pendidikan karakter pada masa pandemi Covid-19 di SD Islam Al Furqon Rembang. Subyek penelitian ini adalah 1 orang kepala sekolah, 6 guru kelas dan 2 orang tua murid. Dalam hal ini peneliti mengambil lokasi di SD Islam Al Furqon Rembang, metode pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti mengumpulkan data, serta menggunakan uji keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Setelah data terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan metode reduksi data, penyajian adata, verifikasi/ menyimpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen perencanaan pendidikan karakter pada masa pandemi Covid-19 di SD Islam Al Furqon Rembang dilaksanakan melalui proses perencanaan yang mengacu pada visi misi, memasukkan pendidikan karakter dalam kurikulum pandemi covid-19, penyiapan alat dan bahan pelaksanaan, serta sosialisasi program pendidikan karakter di masa pandemi Covid-19. Manajemen pengorganisasian pendidikan karakter pada masa pandemi Covid-19 dilaksanakan melalui pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan, pembagian tugas dan tanggung jawab. Manajemen pelaksanaan pendidikan karakter pada masa pandemi Covid-19 di SD Islam Al Furqon dilaksanakan melalui penguatan pendidikan karakter melalui Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ), penguatan karakter melalui pembiasaan, penguatan karakter melalui keteladanan,dan penguatan karakter melalui kerjasama dengan orang tua;. Manajemen evaluasi pendidikan karakter pada masa pandemi Covid-19 di SD Islam Al Furqon dilaksanakan melalui evaluasi oleh pihak sekolah, pemantauan pembahasan ibadah siswa, melibatkan orang tua dan pemantauan dalam pembelajaran Daring ( Dalam Jaringan ).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidikan, Pendidikan Karakter, Pandemi Covid-19
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Jan 2021 02:19
Last Modified: 27 Jan 2021 02:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3403

Actions (login required)

View Item View Item